FOKUS

Polisi Larang Aksi Demo yang Berbarengan dengan Rapat Tahunan MPR/DPR

JAKARTA (tandaseru) – Sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi demo di depan gedung DPR/MPR RI yang berbarengan dengan agenda sidang tahunan MPR dan DPR RI pada Jumat (14/8).

Terkait hal itu, Polda Metro Jaya melarang adanya aksi unjuk rasa yang akan dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat tersebut.

“Kita sudah antisipasi bahwasanya tidak boleh sama sekali demo. Hari ini nggak boleh demo di depan kantor DPR ya, tidak boleh sama sekali karena hari ini ada kegiatan pidato kenegaraan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (14/8)

“Jadi tidak boleh sama sekali ada kegiatan di depan pintu DPR,” tegasnya.

Meski ada kabar akan adanya gelombang massa yang menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPR, Yusri tidak menampiknya. Dia menyebut jumlah masa yang ingin menggelar aksi demo tidak besar.

“Jumlahnya kecil kok tidak banyak,” kata Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan nantinya jika ada pergerakan masa yang menuju ke depan gedung DPR, pihak kepolisian akan menghalaunya dan mengarahkan untuk berdemonstrasi di titik lain. Ada sebanyak 6.300 personel gabungan yang siap mengamankan agenda di gedung DPR hari ini.

“Kalau ada masa demo mengarah ke depan DPR ya nanti akan diarahkan oleh petugas nanti,” ungkap Yusri.

Seperti diketahui, pada Jumat di Gedung DPR/MPR RI akan digelar Sidang Tahunan MPR RI, yang digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021.

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI akan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Terkait itu, sebanyak 6.300 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengamankan kegiatan tersebut. Selain itu, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya kepadatan kendaraan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait