FOKUS

Polisi: Rekan Satu Sel Napi yang Kabur dari Lapas Tangerang Sempat Diajak Melarikan Diri

TANGERANG (tandaseru) – Polisi menyebut narapidana mati yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan ternyata sempat mengajak teman satu sel untuk ikut kabur bersamanya.

“Sempat si teman satu sel ini pernah dia diajak,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Yusri Yunus, kepada wartawan, Kamis (1/10).

Meski begitu, kata Yusri, rekan satu selnya menolak permintaan Cai untuk kabur dari tahanan. Setelah pelariannya berhasil, rekan satu sel terpidana mati kasus narkoba itu mengatakannya saat pemeriksaan oleh polisi.

“Tapi, dia tak mau terlibat dalam hal ini dan tak mau ikut, apa dia tahu? ya dia tahu, makanya dia sampaikan delapan bulan dia lubangi itu bahkan handphonenya temannya dibawa,” jelasnya.

Diketahui, Cai Ji Fan narapidana asal China di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang melarikan diri melalui gorong-gorong yang dibuatnya selama enam bulan, pada Senin (14/9).

Belakangan diketahui bahwa Cai Ji Fan menggali gorong-gorong tersebut dengan menggunakan alat perkakas bangunan seperti sekop, obeng hingga pompa air.

Selain itu, pemeriksaan saksi yang ada, ternyata terpidana itu sempat membeli rokok di sekitar lapas dan pulang ke rumahnya setelah kabur. Saat ini, polisi dan pihak lapas sudah berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI untuk mencegah Cai ke luar negeri.

Selain itu, juga telah berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memblokir KTP yang bersangkutan. Sebab, pria asal China itu diketahui telah berpindah kewarganegaraan Indonesia dan memiliki e-KTP.

“Itu salah satu upaya kita untuk kita melakukan koordinasi dengan yang lain atau bisa mempersempit ruang gerak dari pada si tersangka,” Yusri menambahkan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait