FOKUS

Polisi Ringkus Sindikat Pencopet yang Dikomandoi Emak-Emak Berusia 44 Tahun

JAKARTA (tandaseru.id) – Polda Metro Jaya menangkap sindikat pencopet dengan menangkap lima orang tersangka termasuk penadahnya. Sindikat pencopet ini terdiri dari tiga emak-emak yang diketuai YR (44).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan YR bekerja sama dengan dua emak-emak lainnya berinisial WM (33) dan RH (43).

“Ini semuanya pelaku emak-emak yang sudah berkeluarga,” kata Yusri saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/8).

Selain menangkap ketiga emak-emak ini, penyidik juga menangkap dua orang lainnya sebagai joki dan penadah barang hasil curiannya. Joki tersebut berinisial RJ (36) yang tidak lain merupakan suami dari YR. Sedangkan penadah barang hasil curian ini ialah pria berinisial SS (34).

“Keterangan awal mereka mengaku sejak tiga tahun lalu sudah 50 kali lebih mencopet di tempat keramaian,” beber Yusri.

Kasus ini, lanjut Yusri, terungkap menyusul adanya laporan dari salah satu pengunjung mall di wilayah Tangerang Selatan. Korban ketika itu melapor kepada pihak kepolisian telah menjadi korban pencopetan dengan kerugian berupa handphone Samsung Note 10 Plus.

“Berdasar rekaman CCTV kemudian penyidik mengidentifikasi dan berhasil menangkap para pelaku ini,” jelas Yusri.

Mereka, lanjut Yusri, membagi hasil tindak kejahatannya dengan sama rata. Mereka menggunakan hasil kejahatannya itu untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga emak-emak dan dua pelaku lainnya kini ditahan di Rutan Polda Metro Jaya. Tersangka YR, WM, RH dan RJ dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara. Sedangkan, tersangka SS dijerat dengan Pasal 480 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com