FOKUS

Polisi Sebut Kasus Dugaan Pungli di Kawasan Lockdown Salah Paham, Polisi: Tak Ada Unsur Pidana

JAKARTA (tandaseru.id) – Pelaku dugaan kasus pungutan liar (pungli) untuk membukakan wilayah yang sedang di lockdown di kawasan Jakarta Barat telah diamankan. Pelaku diketahui berinisial R.

Namun, Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung mengungkapkan kasus tersebut hanya kesalahpahaman saja.

“Semuanya kita bawa ke komando bukan hanya pelakunya aja tadi ya. Korban juga kita bawa, RT, terus dari Kelurahan juga sudah kita undang. Jadi sudah diselesaikan sudah maafan semuanya. Hanya salah paham aja,” kata Robinson saat dihubungi, Jumat (2/7).

Robinson menjelaskan dalam hal ini pihak kepolisian tidak menemukan adanya unsur pidana dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Nggak ada (unsur tindak pidana). Kalau dibilang pungli belum diterima uangnya, percobaan pemerasan juga tidak ada pemerasan pasalnya tidak ada. Jadi ini hanya salah paham aja,” terangnya.

Upaya pungli pelaku ini disebut akibat ketidaktahuan pelaku dalam tata cara menjaga daerah yang tengah lockdown. Polisi menyebut tindakan pelaku terjadi akibat spontanitas semata.

“Jadi kalau saya lihat ini kan yang masuk Bu Aini warga RT 4, nah yang di-lockdown itu warga RT 5. Makanya namanya juga pemahaman atau wawasan kurang, dipikir ibu kan bukan warga sini. Tadi saya bilang kalau warga situ atau bukan tetap nggak ada (pungli),” ujar Robinson.

Seperti diketahui, Sebuah video viral di media sosial adanya aksi dugaan pungutan liar (pungli) untuk bisa membukakan portal di kawasan yang tengah di lockdown.

Dugaan tindakan pungli itu disebut terjadi Jl H Ismail, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Kamis (1/7). Saat itu pelaku seorang pria paruh baya terlihat meminta uang sebesar Rp 20 ribu kepada warga yang hendak masuk ke pemukiman yang tengah lockdown itu.

Saat itu, warga merekam aksi dugaan pungli saat hendak masuk ke wilayah tersebut. Pria penjaga gerbang meminta uang rokok agar perekam video yang mengaku sebagai warga di daerah tersebut bisa masuk.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com