FOKUS

Polisi Tak Sekat Jalur Tikus yang Masuk ke Jakarta, Ini Alasannya

JAKARTA (tandaseru.id) – Polda Metro Jaya telah mempetakan jalur-jalur tikus yang biasa dilewati masyarakat untuk menghindari penyekatan PPKM Darurat khususnya ke arah Ibu Kota.

“Kita sudah petakan semua jalur tikus dan kita berupaya untuk memang menutup jalur jalur tikus tersebut,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan.

Meski begitu, polisi memutuskan tidak menyekat jalur-jalur tikus tersebut karena dinilai kurang efektif. Jalur tikus itu ujungnya akan tetap ke jalur utama yang disekat oleh pihak kepolisian.

“Tapi setelah kita pelajari bersama terlalu banyak jalur tikus yang kita tutup,” beber Sambodo.

“Jadi mereka terserah mau lewat jalan tikus manapun, tapi begitu masuk ke tengah kota jalan itu yang kita sekat. Karena kalau menyekat ribuan jalur tikus enggak mungkin juga, tidak efektif. Jadi lewat jalan manapun ketika masuk ke dalam kota, jalan-jalan tadi yang kita tutup,” sambungnya.

Diketahui, Aturan PPKM Darurat khususnya di Jakarta diperketat dengan ditambahnya titik penyekatan di 100 ruas jalan Ibu Kota dan wilayah penyangganya.

100 titik penyekatan tersebut akan tersebar di sejumlah ruas jalan. Titik-titik tersebut akan berada di dalam kota, batas kota, hingga ruas jalan penyanggah menuju Jakarta.

Adapun polisi telah membagi waktu dalam pelaksaan penyekatan tersebut. Pukul 06.00-10.00 WIB, 100 titik dilakukan penyekatan untuk masyarakat yang bekerja diluar sektor esensial maupun kritikal. Jika masuk dalam sektor itu, maka polisi memperbolehkan lewat.

Selanjutnya, pekerja di sektor esensial-kritikal tidak diperkenankan lewat titik penyekatan pada pukul 10.00-22.00 WIB. Dalam waktu ini, hanya tenaga kesehatan, perawat, TNI-Polri, dan kendaraan darurat yang diperkenankan melintas.

Lalu, polisi kembali membuka penyekatan di 100 titik tersebut setalah pukul 22.00-06.00 WIB keesokan harinya. Jadi diwaktu tersebut, jalanan Jakarta akan bebas dari penyekatan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com