FOKUS

Polisi Temukan Pembawa Bendera Tauhid Diduga HTI yang Dibakar di Garut

Tandaseru – Pembawa bendera berkalimat tauhid yang diduga bendera Hizbuth Tahrir Indonesia (HTI) berhasil ditemukan dan langsung diamankan oleh kepolisian pada Kamis (25/10) sekitar pukul 13.00 WIB.

“Sudah (diamankan) siang ini pukul 13.00 WIB,” kata Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto saat dihubungi, Kamis (25/10).

Pelaku berinisial US saat diamankan sedang berada di tempat kerjanya di Jalan Laswi, Bandung, Jawa Barat. Dia kini diperiksa secara intensif oleh penyidik di Polres Garut.

Sebelumnya, pembakaran bendera tersebut terjadi saat perayaan Hari Santri Nasional di Lapang Alun-alun Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, pada Senin (22/10). Berdasarkan laporan polres setempat, pembakaran itu terjadi pada pukul 09.30 WIB.

Pada pukul 14.30 WIB, peringatan Hari Santri Nasional itu selesai. Namun, video pembakaran tersebut menjadi viral dan menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganet. Kepolisian pun segera melakukan beberapa tindakan.

Kepolisian segera berupaya untuk melakukan take down atau mencopot video viral tersebut agar tidak menimbulkan keributan. Kepolisian kemudian melakukan cek tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan dari saksi. Sejumlah ormas, di antaranya MUI, PCNU, dan Banser memberikan klarifikasi kasus tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait