FOKUS

Polres Jakbar Tangkap 22 Preman yang Kerap Lakukan Pungli

JAKARTA (tandaseru.id) – Buntut intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menindak segala bentuk tindakan premanisme, Jajaran Polres Metro Jakarta Barat menangkap 22 preman di wilayahnya.

Puluhan preman itu ditangkap setelah Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat menggelar operasi preman pada Jumat (11/6) yang kerap meresahkan masyarakat.

“Sebanyak 22 preman yang diamankan pada operasi ini kerap meresahkan masyarakat dengan cara melakukan pungutan liar (pungli),” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono saat dikonfirmasi, Minggu (13/6).

Joko mengatakan puluhan orang itu ditangkap karena kedapatan melakukan pungli. Baik kepada para pengendara kendaraan bermotor, maupun kepada para sopir truk yang sedang melintas di wilayah Jakarta Barat.

“Kami juga mengamankan beberapa jumlah hasil uang pungutan liar, senjata tajam dan kertas kupon yang digunakan untuk melakukan pungutan liar kepada sopir truk ” ungkapnya.

Joko menyebut polisi tengah berupaya menciptakan Jakarta Barat zero aksi premanisme. Sebagai mana instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diteruskan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammar Fadil Imran dan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo.

Polres Metro Jakarta Barat membentuk tim pemburu preman menyusul instruksi itu. Kemudian, sejumlah personel menyisir dua wilayah yang diduga kerap terjadi aksi pungli yakni Cengkareng dan Kalideres Jakarta Barat.

Joko menghimbau masyarakat untuk tidak ragu melapor ke pihak kepolisian jika menemukan adanya praktik premanisme di wilayah Jakarta Barat. Joko memastikan setiap informasi akan diselidiki polisi.

“Karena informasi sekecil apapun itu akan sangat membantu kami dalam menciptakan Jakarta Barat yang aman dan kondusif serta bersih dari aksi premanisme,” ujarnya.

Sebelumnya, ada sekitar 50 preman yang telah berhasil diringkus oleh pihak kepolisian terkait kasus pungutan liar (pungli) di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Barat.

Penangkapan preman yang melakukan aksi pungli di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sementara itu, Listyo juga langsung memerintahkan jajarannya di seluruh wilayah untuk menindak aksi premanisme. Bahkan, Listyo menyatakan bakal menegur Kapolda dan Kapolres jika belum melakukan penindakan terhadap para preman yang meresahkan masyarakat ini.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com