FOKUS

Polresta Sidoarjo Raih Penghargaan Pelayanan Prima dari Kementerian PANRB

Tandaseru – Polresta Sidoarjo berhasil meraih penghargaan Pelayanan Prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk pelayanan SIM dan SKCK Online.

Penghargaan diserahkan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di Jakarta, Rabu (20/11).

Polresta Sidoarjo merupakan salah satu dari enam Polres yang mendapat predikat Pelayanan Prima (A) dari Kementerian PANRB. Lima Polres lain yakni Polrestabes Surabaya, Polres Cirebon, Polres Banyuwangi, Polres Tuban, dan Polres Malang. Adapun 33 Polres meraih predikat Sangat Baik (A-).

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menyampaikan terima kasih atas apresiasi Kementerian PANRB terhadap pelayanan SIM dan SKCK Online Polresta Sidoarjo.

“Ini semua merupakan kerja keras kami selama satu tahun. Pada tahun sebelumnya, kami mendapatkan predikat sangat baik. Dari situ kami berupaya memperbaiki segala kekurangan di bidang pelayanan publik kami. Alhamdulillah tahun ini kami berhasil mendapatkan predikat Pelayanan Prima,” kata Zain.

Dia menjelaskan kiat yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan SIM dan SKCK yakni dengan membuat e-SIM Polresta Sidoarjo untuk daftar online pengurusan SIM.

Selain itu, dikembangkan juga Driving Smart Test sebagai transparansi dalam ujian praktek pengurusan SIM, yang menerapkan teknologi sensor ultrasonik dalam ujian praktek tersebut.

Adapun untuk layanan SKCK Online, menurut Zein, sudah terintegrasi dengan Pengadilan Negeri dan pembayarannya juga tidak menerima transaksi tunai.

“Dalam pelayanan publik kami juga terdapat IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) dan SKM Online untuk mendukung pelayanan yang kita lakukan. Pada SIM dan SKCK Online, Polresta Sidoarjo juga telah tergabung dalam Mall Pelayanan Publik layanan satu atap bersama berbagai instansi dan lembaga se-Kabupaten Sidoarjo,” jelas lulusan Akpol 1997 ini.

Kementerian PANRB menyampaikan hasil evaluasi unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) di lingkup kementerian dan lembaga tahun 2019, termasuk di dalamnya lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Metro.

Sebanyak 207 Polres/ta/bes/metro yang dilakukan evaluasi pelayanan publik pada April-Oktober 2019. Evaluasi UPP ini sebagai percontohan bagi UPP dan instansi pemerintah lainnya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait