FOKUS

Polri Dalami Keterkaitan Kelompok Kriminal Bersenjata dengan OPM

JAKARTA (!) – Polri masih terus mendalami kelompok kriminal bersenjata (KKB). Polri akan memastikan adanya keterkaitan antara KKB dengan Operasi Papua Merdeka (OPM).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Setyo Wasisto mengatakan belum bisa memastikan apakah KKB termasuk golongan teroris apa bukan. Namun Polri meyakini jika KKB sejajar dengan kelompok penjahat yang memang teroganisir.

“Artinya kita tidak bisa serta merta mengatakan itu OPM karena mereka bisa saja (motif) hanya dari segi ekonomi yang mereka dapatkan,” kata di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/11).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menyebutkan ancaman yang dilontarkan OPM, terkait ingin menyerang balik TNI dan Polri adalah hal yang sudah terlalu sering ia dengar.

Kapolri menegaskan pihaknya bersama dengan TNI siap menghadapi ancaman serangan balik dari OPM. Indonesia memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari OPM yang di dalamnya ada TNI dan Polri.

“Republik Indonesia itu memiliki kekuatan aparat yang jauh lebih besar daripada mereka (OPM). Kalau mereka mengancam akan serang balik, kami (Polri) akan hadapi”, tegasnya.

Perkembangan terakhir di Tembagapura, Papua, aparat berhasil melakukan evakuasi secara bertahap terhadap warga dari Kampung Kimbely, Banti dan Longsoran yang disandera oleh KKB. Sampai saat ini warga yang dievakuasi berada di Timika, Papua.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com