FOKUS

Haid Terasa Nyeri? Begini Posisi Tidur yang Tepat Menurut Pakar

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin sebagian dari Anda para wanita mengalami nyeri saat haid. Tapi ada posisi tidur untuk kurangi nyeri haid menurut pakar!

Ada banyak wanita yang merasa terganggu dengan nyeri saat haid atau menstruasi dan membuat aktivitas jadi tidak berjalan dengan baik, termasuk saat tidur.

Akibat rasa nyeri saat akan tidur, istirahat jadi berkurang. Rasa nyeri haid biasanya terjadi disebabkan oleh kontraksi atau menegangnya otot rahim yang dipicu hormon prostaglandin.

Dengan semakin tingginya hormon tersebut, maka rasa nyeri atau kram pada perut pun akan muncul sampai saat menstruasi itu tiba.

Sebenarnya seperti apa posisi tidur untuk kurangi nyeri haid!

Untuk mengurangi rasa sakit itu, ada posisi tidur yang harus diperhatikan. Beberapa ahli menyarankan dengan menggunakan posisi tidur meringkuk, seperti janin dalam kandungan atau fetal, mampu jadi salah satu cara penyembuh bagi nyeri haid.

Seperti dilansir dari On Health, biasanya wanita yang tidur dengan posisi janin akan miring ke satu sisi dan kedua lututnya ditekuk, sambil meringkuk.

Posisi meringkuk tersebut bukan hanya baik untuk wanita yang tengah nyeri haid, tapi juga baik untuk para ibu hamil. Hal itu terjadi karena tidur dengan posisi meringkuk mampu mengurangi tekanan pada bagian perut.

Seperti dilansir dari Vogue, Lisa Mindley, seorang ahli ginekolog mengungkapkan orang yang meringkuk membuat otot rangka pada sekitar perut jadi rileks, maka tekanan yang membuat kram pada perut jadi berkurang.

Memilih untuk tidur dalam posisi janin atau meringkuk juga mampu membantu mencegah kebocoran saat haid.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh aplikasi Clue yang melacak jadwal menstruasi, orang yang melakukan posisi tidur janin ini, kedua kakinya saling ditekan yang mengurangi risiko kemungkinan bocor, terutama pada hari-hari terberat.

Selain itu, untuk mendapat tidur yang nyaman dan nyenyak, pastikan Anda tidur dengan kondisi rileks dan juga bisa dengan mengompres perut yang nyeri atau kram dengan air hangat.

Hindari juga posisi tidur telungkup karena mampu menekan perut dan membuat lebih banyak darah yang keluar. Jadi, setelah tau posisi tidur untuk kurangi nyeri haid di atas, tidur Anda akan lebih berkualitas dan rasa nyeri atau kram di perut tak lagi menyiksa.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait