FOKUS

Presiden Iran Serukan Semua Negara Berani Usir Pasukan AS

TEHERAN (Tandaseru) – Presiden Iran Hassan Rouhani mengingatkan bahwa keberadaan pasukan Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah merusak stabilitas dan keamanan.

Rouhani menyerukan kepada semua negara di kawasan tempat pasukan Amerika ditempatkan harus melakukan upaya bersama untuk mengusir mereka.

“Baik di Irak, Afghanistan atau negara-negara di kawasan Teluk Persia selatan sebagai merugikan keamanan dan stabilitas regional,” kata Rouhani, saat berbicara dengan Menteri Luar Negeri Irak, Fuad Hussein, Minggu (27/9).

“Itu tergantung pada setiap negara di mana orang Amerika hadir untuk mendorong pengusiran mereka dari wilayah tersebut,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (28/9).

Rouhani dalam kesempatan itu juga memuji langkah positif parlemen Irak dalam menuntut penarikan lengkap pasukan AS dari negara itu pada Januari.

Parlemen Irak sangat mendukung RUU yang menyerukan pengusiran pasukan AS dari negara itu setelah pembunuhan jenderal Iran, Qassem Soleimani dan seorang pemimpin senior milisi sekutu Baghdad di Ibu Kota Irak dalam serangan pesawat tak berawak AS pada Januari.

“Kami selalu mendukung rakyat Irak dan pemerintah sah negara itu,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait