FOKUS

Presiden Jerman Isolasi Mandiri Gara-gara Ajudan Positif Covid-19

BERLIN (Tandaseru) – Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier terpaksa harus karantina mandiriusai salah satu ajudannya terkonfirmasi terinfeksi Covid-19.

Kantor Steinmeier membenarkan bahwa pemimpin Jerman itu sedang melakukan isolasi mandiri.

Mereka juga mengatakan bahwa Steinmeier langsung dites, setelah ajudannya terkonfirmasi terinfeksi virus tersebut.

“Presiden Frank-Walter Steinmeier telah diuji, tetapi hasilnya masih ditunggu dan dia diisolasi sebagai tindakan pencegahan,” tulis pernyataan pemerintah, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (18/10).

Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas juga telah menjalani tes Covid-19 dan hasilnya negatif.

Tes ini dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg dan Menteri Luar Negeri Belgia, Sophie Wilmes dinyatakan positif Covid-19 selepas menghadiri pertemuan Uni Eropa (UE).

Maas turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Luksemburg pada awal pekan ini tersebut.

“Dia tidak memiliki kontak dekat dengan Schallenberg,” ucap Kementerian Luar Negeri Jerman.

Sebelumnya diwartakan, Kementerian Luar Negeri Austria menuturkan bahwa Schallenberg dan Wilmes duduk bersebelahan selama sarapan bersama pada pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri UE Senin lalu di Luksemburg.

“Diduga Schallenberg mungkin telah terinfeksi di Dewan Urusan Luar Negeri di Luxembourg pada Senin. Dia tidak memiliki gejala dan telah menjalani tes sebagai tindakan rutin,” kata kementerian itu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait