Profil Belva Devara, Pendiri Ruangguru Jadi Staf Khusus Jokowi

Tandaseru – Presiden Joko Widodo menunjuk Adamas Belva Syah Devara sebagai salah satu staf khusus kepresidenan dari kalangan milenial, di Istana Merdeka, Jakarta (21/11).

Masuknya Belva dalam staf khusus kepresidenan dengan harapan bisa memberikan masukan inovasi baru yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 ini merupakan Chief Executive Officer sekaligus Co-Founder dari startup yang bergerak di bidang pendidikan (edutech) Ruangguru. Ia membentuk perusahaan bersama sahabatnya, Iman Usman.

Dilansir dari Kompas, Kamis (21/11), dalam jejaring LinkedIn, Belva menjadi salah satu dari 30 pengusaha muda berusia di bawah 30 tahun yang paling berpengaruh di Asia versi majalah Forbes.

Banyak prestasi diraihnya

Di tahun 2007, Belva mendapat beasiswa penuh dari Pemerintah Singapura untuk melanjutkan pendidikan di Nanyang Technology University (NTU), dan berhasil mendapatkan gelar ganda, yakni di bidang bisnis dan ilmu komputer.

Tak hanya itu, ia juga mendapatkan prestasi luar biasa dengan masuk ke dalam Double Dean’s List sebagai salah satu dari 5 persen mahasiswa berprestasi tinggi selama tiga tahun.

Tiga medali emas berhasil diraihnya, yaitu Lee Kuan Yew Gold Medal, penghargaan paling bergengsi pada level universitas yang diperoleh karena selalu menduduki peringkat pertama di bidang akademik.

Selanjutnya, Infocomm Development Authority of Singapore Gold Medal, yakni penghargaan untuk mahasiswa yang memperoleh IPK tertinggi di bidang ilmu komputer, serta Accenture Gold Medal, yakni penghargaan tertinggi bagi peraih IPK tertinggi di bidang bisnis.

Pada 2013, ia melanjutkan pendidikan masternya dengan mengambil gelar double degree, yakni MBA (Master of Business Administration) Stanford University dan Harvard University dengan jurusan Public Policy.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait