FOKUS

Pilkada di tengah Pandemi (2): 15 Protokol Kesehatan Saat Pemungutan Suara

JAKARTA (tandaseru) – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) 2020 ini, Penyelenggara pemilihan, Komisi Pemilihan Umum ( KPU), mempersiapkan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terdapat 15 protokol yang harus dipatuhi pemilih dan petugas  penyelenggara pada saat pemungutan suara 9 Desember 2020 nanti Berikut uraiannya:

  1. Jumlah pemilih per-TPS maksimal 500 orang (sebelumnya 800 orang).
  2. Kehadiran pemilih ke TPS diatur jamnya, jadi tidak terjadi penumpukan di pagi hari seperti pilkada sebelumnya.
  1. Dilakukan pengaturan jarak, saat pemilih mengantri baik di dalam maupun di luar TPS. Sehingga tidak terjadi kerumunan.
  2. Dilarang bersalaman. Baik petugas KPPS maupun pemilih.
  3. Disediakan perlengkapan cuci tangan portable di TPS yang akan digunakan Pemilih pada saat sebelum dan sesudah mencoblos.
  4. Petugas KPPS wajib mengenakan masker selama bertugas. Pemilih diharapkan membawa masker sendiri dari rumah. Di TPS tersedia cadangan masker namun dalam jumlah terbatas..
  5. Petugas KPPS mengenakan sarung tangan selama bertugas. SEdangkan bagi pemilih, disediakan sarung tangan plastik (sekali pakai) di TPS.
  6. Petugas KPPS mengenakan pelindung wajah (face shield) selama bertugas.
  7. Untuk menghindari pemakaian alat tulis secara bergantian, setiap pemilih diharapkan membawa alat tulis sendiri untuk menuliskan atau memberikan tanda tangan dalam daftar hadir.
  8. Di setiap TPS disediakan tisu kering untuk dipakai pemilih yang selesai mencuci tangan sebelum maupun sesudah mencoblos di TPS.
  9. Petugas KPPS yang bertugas di TPS harus menjalani rapid test sebelum bertugas.
  10. Setiap pemilih yang akan masuk ke TPS dicek suhu tubuhnya. Jika suhunya di bawah standar, dibolehkan untuk mencoblos di dalam TPS.
  11. Sebelum maupun sesudah proses pemungutan dan penghitungan suara, lingkungan TPS didesinfeksi.
  12. Setiap pemilih yang selesai mencoblos tidak lagi mencelupkan jari ke dalam botol tinta, tetapi tintanya akan diteteskan oleh petugas.
  13. Jika ada pemilih bersuhu tubuh di atas standar (di atas suhu 37,3 derajat celsius), maka dipersilakan mencoblos di bilik suara khusus yang disediakan di lingkungan TPS yang bersangkutan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com