FOKUS

Bikin Kecanduan! PUBG Batasi Jam Main dan Usia Pengguna

Tandaseru – Masih jadi perbincangan di masyarakat, gim PlayerUknown’s Battleground (PUBG) versi mobile mulai dibatasi. Di Indonesia, PUBG masih menjadi sorotan karena keterkaitannya terhadap aksi penembakan brutal di Selandia Baru.

Pengembang game, sedang menguji pembatasan PUBG Mobile yang berindikasi dapat memberikan kecanduan untuk penggunanya.

Dikutip dari situs Sportskeeda, kini game PUBG Mobile di India memberikan fitur yang dapat membatasi waktu bermain. Namun, Tancent pemilik lisensi PUBG Mobile belum memberikan info terkait fitur tersebut.

Pembatasan PUBG Mobile dilakukan dengan cara membatasi waktu bermain, yaitu enam jam/hari. Kebijakan ini dimulai di India, di mana PUBG Mobile paling disoroti di negara tersebut.

Nantinya notifikasi akan muncul apabila pengguna telah menyentuh waktu maksimal bermain PUBG Mobile. Peringatan untuk pemain yang mengharuskan berhenti dan bisa dimainkan esok hari.

Bahkan, dalam pengujian PUBG Mobile, game ini akan meminta verifikasi usia kepada penggunanya. Apakah mereka berumur 18 tahun ke atas atau tidak. Hingga kini, Tancent belum memberikan informasi lebih lanjut.

Sebelumnya di India, game PUBG ini telah lebih dulu diprotes sebab memberikan dampak buruk bagi penggunanya. Bahkan beberapa perguruan tinggi memblokir akses WiFi ke game PUBG.

Tak hanya itu, pemerintah India membuat kebijakan bagi kepolisian untuk menjaring masyarakat yang tertangkap memainkan PUBG.

Sementara itu, di Indonesia juga PUBG tengah disoroti. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar mempertimbangkan mengeluarkan fatwa haram mengenai game PUBG.

Terkait pertimbangan tersebut, MUI Pusat berkomunikasi dengan Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo, dan pakar game akan membahas game PUBG bersama.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait