FOKUS

6 Pulau Terunik di Dunia, Berpenghuni Ular dan Kesepian?

Tandaseru – Dunia ini memang menyimpan beragam misteri dan hal-hal tak terduga, seperti pulau unik di dunia ini yang berisikan banyak hal yang tak pernah terbayang sebelumnya!

Sudah terlalu biasa jika berlibur ke suatu pulau yang penuh keindahan, salah satunya Maldives atau Lombok di Indonesia yang punya keunikannya tersendiri.

Tapi bukan sekedar kedua pulau tersebut, ternyata masih banyak pulau unik lainnya yang tergolong antimainstream. Mulai dari pulau tak berpenghuni sampai pulau dengan vegetasi tumbuhan unik, seperti dilansir  dari Brightside berikut ini.

Pulau Gouqi salah satu pulau unik di dunia!

Ada banyak pulau tak berpenghuni di dunia ini, tapi pulau Gouqi jadi salah satu yang punya keunikan tersendiri. Karena di pulau tersebut akan terlihat bangunan-bangunan terbengkalai yang hampir seluruh bagiannya tertutupi oleh tumbuhan.

Itu sebabnya pulau di Zhejiang, China tersebut jadi salah satu pulau unik di dunia. Bukti ungkapan ‘alam akan selalu menang’ terjadi di tempat itu.

Sebelumnya, pulau Gouqi adalah desa nelayan yang ditinggalkan begitu saja oleh para penduduknya, perlahan alam pun mulai mengambil alih pulau itu.

Clipperton Island

Selanjutnya adalah Clipperton Island, pulau berbatu karang yang hanya berukuran 6 km persegi yang terletak di Samudera Pasifik dahulunya dihuni kurang lebih 100 orang.

Di pulau tersebut setiap 2 bulan sekali ada kapal yang datang memasok makanan dan kebutuhan lainnya, sampai pada 1914 tidak ada lagi kapal yang datang akibat perang saudara di Meksiko.

Orang-orang di pulau pun terlupakan dan dibiarkan hidup dalam kondisi pulau yang tak punya hutan atau lahan pertaninan. Pada 1917, penduduk yang diselamatkan hanya 3 orang wanita dan 8 orang anak-anak dalam kondisi memprihatinkan, akibat kekurangan gizi.

Socotra Island

Selain jadi pulau unik di dunia, Socotra Island juga sempat disinggung sebagai lokasi Dajjal bersembunyi. Keunikan yang benar-benar terlihat di pulau yang berada di sekitar Samudera Hindia tersebut adalah flora unik yang hanya dada di sana.

Salah satunya, Dragon’s Blood Trees atau pohon darah naga yang berbentuk seperti payung dan masih banyak tanaman atau pohon unik lainnya di sana.

Vulcan Island juga pulau unik di dunia

Pada bagian utara Filipina ada danau bernama Danau Taal. Vulcan Island berada di sekitar danau tersebut yang ada dalam kawah gunung berapi Taal Volcano.

Taal Volcano merupakan gunung api paling aktif kedua di Filipina yang telah merenggut ribuan nyawa dan sudah bergolak sejak 1991. Gunung yang meletus sebanyak 33 kali tersebut bagian dari “Ring of fire” Pasifik.

Uniknya, Vulcan Island punya geologi yang aneh, di mana pulau yang terdapat gunung berapi paling aktif, kawahnya berubah jadi danau yang terdapat pulau-pulau kecil di dalamnya, salah satunya Vulcan Island.

Pulau Unik di DuniaSnake Island

Jika pulau unik di dunia yang lain memiliki keunikan akan sejarah di baliknya, Snake Island atau Pulau Ilha de Queimada Grande tersebut yang ada di Sao Paulo, Brazil justru khas dengan penghuninyanya.

Pasalnya, pulau tersebut adalah rumah bagi salah satu ular paling berbisa di dunia, yaitu Golden Lancehead. Beberapa peneliti memperkirakan ada sekitar 4.000 ular di sana.

Akibat bahaya yang mengintai di pulau tersebut, Pemerintah Brazil bahkan melarang seluruh pengunjung untuk datang ke lokasi tersebut, kecuali punya adrenalin tinggi.

Pulau Unik di DuniaBouvet Island

Pulau yang terakhir ini merupakan pulau vulkanik tak berpenghuni di Samudera Atlantik. Bahkan karena sangat terisolasi, pulau tersebut dikenal sebagai “the loneliest place on earth” atau tempat paling sepi di dunia.

Pulau itu dikelilingi tebing-tebing glasial tinggi dan sangat sulit dijangkau. Namun, Bouvet Island setidaknya punya tiga nama berbeda, yang diklaim oleh mereka yang menemukannya.

Bouvet Island ditemukan oleh Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier pada 1 Januari 1739, pada 1808 oleh James Lindsay dinamai Pulau Lindsay.

Kemudian pada 1825, bernama Kapten Norris yang menemukannya lagi dan menamainnya Pulau Liverpool, bahkan mengklaimnya untuk Kerajaan Inggris.

Namun, pada 1 Desember 1927 Norwegia mendarat di sana dan menamainya Bouvetoya sesuai penemu aslinya. Sejak itu pula pulau tersebut diklaim oleh Norwegia dan kadang digunakan oleh pihak ilmiah untuk memantau migrasi paus.

Bagaimana menurut Anda ke enam pulau unik di dunia tersebut? Adakah pulau yang pernah Anda singgahi sebelumnya?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait