FOKUS

5 Ragam Camilan Khas Sunda Dari Ketela Pohon!

Tandaseru – Menu camilan dari beragam daerah memang unik-unik, salah satunya ragam camilan khas Sunda yang terbuat dari ketela pohon ini!

Ketela pohon adalah salah satu bahan makanan yang mempunyai cita rasa khas dan menggugah selera. Memang ada banyak makanan enak yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon.

Jika di daerah Jawa ketela pohon biasa diolah jadi gethuk, tiwul, gatot dan banyak lagi, tapi di Sunda ketela pohon menjadi beragam makanan atau camilan yang berbeda.

Penasaran camilan khas Sunda yang bisa buat Anda ketagihan yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau singkong?

Simak ragam camilan khas Sunda ini ya!

Keripik ketela pohon atau singkong

Camilan ini mungkin yang jadi paling sering Anda temui. Keripik ketela pohon atau singkong ini punya beragam rasa, mulai dari yang asin, manis sampai pedas.

Sebenarnya keripik semacam itu hanya ditemukan di daerah Sunda, tapi saat ini sudah banyak yang memasarkannya di daerah lain seperti di Jawa, Betawi, Padang bahkan hingga Irian Jaya.

Ongol-Ongol

Selanjutnya, ada camilan punya warna yang beragam, bentuknya kotak dan terbuat dari ketela yang telah dihaluskan jadi tepung.

Ongol-ongol ini mempunyai cita rasa yang khas dan akan semakin lezat karena disajikan bersama dengan taburan gula serta kelapa parut di atasnya.

Colenak

Lain lagi dengan colenak yang bisa dibilang camilan khas Sunda yang cukup populer. Camilan dari ketela pohon yang telah difermentasi ini biasa disajikan dengan siraman saus gula merah di atasnya.

Colenak juga biasa disebut sebagai peyeum, di daerah lain, peyeum ini dikenal juga sebagai tape singkong.

Misro

Misro merupakan camilan yang terbuat dari ketela pohon parut. Adonan ketela parut diberi sedikit garam dan kelapa parut, lalu dicetak bulat-bulat dan bagian dalamnya diisi gula merah.

Misro yang sudah bulat bisa di goreng sampai matang dan berwarna kecokelatan. Di daerah lain misro disebut sebagai jemblem, onde-onde singkong dan juga klenyem.

Putri Noong

Ragam camilan khas Sunda yang terakhir terbuat dari ketela pohon ini diberi nama putri noong. Camilan ini terbuat dari ketela parut yang dalamnya diisi pisang.

Makanan tersebut dimasak dengan cara dikukus dan disajikan dengan parutan kelapa yang gurih, biasanya warnanya beragam.

Itulah sejumlah ragam camilan khas Sunda yang dibuat dengan bahan dasar ketela pohon. Dari semua camilan di atas, mana yang sudah pernah Anda coba?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait