FOKUS

RESENSI BUKU: Pesan Kepemimpinan Erick Thohir menuju ‘BUMN Berakhlak’

JAKARTA (tandaseru) – Buku BUMN Berakhlak. Pesan Kepemimpinan Erick Thohir karya Drg. M. Arief Rosyid Hasan, M.KM, ini secara khusus memotret sosok Erick Thohir yang penuh kejutan sejak dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sebagai pendatang baru di pemerintahan, Erick menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang profesional. Dia membuktikan apa yang sering disampaikannya ke publik, bahwa jika mendapat amanah di manapun akan berjuang habis-habisan agar sukses menjalankan kepercayaan yang diamanatkan kepadanya.

Ada tiga kunci yang selalu disampaikan Erick, yaitu ahlak, loyalitas dan team work. Ini yang menjadi faktor utama yang ia tekankan dalam kepemimpinannya. Dan, kalau ditelusuri rekam jejaknya, Erick memiliki integritas yang teruji. Di manapun Erick memperoleh tanggung jawab, ia selalu memberikan yang terbaik.

Tugas dan tanggung jawab yang diemban Erick tidaklah ringan, bahkan ia mengakui tidak sedikit orang yang meragukan dirinya. Di sinilah, Etick menerapkan prinsip “dicaci tidak tumbang , dipuji tidak terbang”. Karena “BUMN kini lebih berakhlak,” harapan baru BUMN lebih baik menjadi kenyataan.

Dalam kata pengantar buku ini, Fachry Ali mengatakan bahwa kemunculan Erick Thohir merupakan sebuah model, yang tetap mampu mengembangkan diri, bahkan ekspansif dalam dunia usaha pasca Orde Baru. Dia menjadi anugerah bagi generasi milenial, yang memperoleh “contoh” bagaimana seorang pemuda mampu berkarya.

Sebagai Menteri BUMN, posisi Erick Thohir menjadi sangat strategis bagi kaum milenial sebagai masa depan bangsa. Simbiosis produktif antara BUMN dan kaum milenial turut menentukan masa depan bangsa secara signifikan.

Buku ini sangat layak untuk dibaca karena dapat menginspirasi warga bangsa, terutama kaum milenial. Arief Rosyid Hasan, penulis buku ini, adalah salah satu tokoh penggerak milenial yang kompeten.

Satu dari “70 Tokoh Berpengaruh di Indonesia” versi Men Obsession 2015 ini merupakan inspirator sekaligus aktor utama yang menggerakkan lebih dari 20 kolaborasi aktivis milenial, sebut saja Milenial Institute, Suropati Sindicate, Aktivis Milenial, Indonesia Islamic Youth Economic Forum, Rabu Hijrah, dan Jubir Milenial TKN Jokowi – Ma’ruf Amin saat Piplres.

Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri (BSM) ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB HMI (2013-2015), Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada 2019, Ketua Departemen Pemuda dan kaderisasi Dewan Masjid, Indonesia (2017-2022), Aktivis Badan Pengurus Pusat HIPMI , Majlis Nasional KAHMI, dan masuk dalam Pokja Pelayanan Kepemudaan Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Judul buku : BUMN Berakhlak. Pesan Kepemimpinan Erik Thohir
Penulis : M. Arief Rosyid Hasan
Pengantar : Fachry Ali
Penerbit. : Merial Books, Jakarta Selatan.
Tebal hal : 136 Halaman.
Cetakan : Pertama Mei 2020

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait