FOKUS

Walau Sudah Dingin Tetap Empuk, Coba Resep Bakpao ini!

JAKARTA (tandaseru) – Jika Anda pernah mencoba bakpao dingin yang keras, kali ini ada resep bakpao empuk walaupun sudah dingin!

Masalah seperti kue bantet atau adonan keras memang sering terjadi jika Anda tidak benar-benar memperhatikan resep yang ada.

Kali ini bagi Anda yang ingin makan bakpao dan tetap empuk walaupun dalam keadaan dingin, bisa ikuti resep kali ini. Pasalnya, sangat disayangkan jika bakpao yang enak harus keras dan tidak tahan lama.

Masa pandemi Covid-19 masih banyak orang yang tidak berjualan, mungkin tukang bakpao langganan Anda pun demikian, daripada menunggu terlalu lama, buat saja sendiri bakpao yang empuk dan tahan lama di rumah.

Terdapat dua jenis bahan yang perlu disiapkan, yaitu bahan biang dan bahan adonan bakpao.

Simak resep bakpao empuk ini!

Siapkan bahan-bahannya

Jenis pertama bahan biang, siapkan 65 gram tepung terigu protein sedang, 1 1/2 sdt fermipan dan 50 ml air hangat suam-suam kuku.

Jenis kedua bahan adonan bakpao, siapkan 185 gram tepung terigu protein sedang, 4 sdm gula pasir, 60 ml susu cair, 1/2 sdt baking powder dan 2 sdm mentega

Cara pengolahan tidak sulit!

Membuat adonan biang terlebih dahulu, yaitu dengan menyiapkan semua adonan bahan biang, lalu campur menjadi satu. Uleni dan bentuklah jadi bulatan besar.

Kemudian diletakkan pada wadah dan tutuplah dengan plastic wrap atau kain dan diamkan hingga adonanya mengembang.

Lanjutkan dengan membuat adonan bakpao. Campur terigu, gula dan baking powder sambil diaduk rata. Masukkan adonan biang tadi, dan tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni.

Terus uleni adonan hingga terasa pas dan kalis, setelah adonan kalis, baru masukkan mentega. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit. Setelah adonannya mengembang, bagi jadi beberapa bagian dan kembali diamkan selama 20 menit.

Setelah itu barulah panaskan kukusan. Bungkus penutup kukusan menggunakan serbet. Setelah airnya mendidih dan kukusan panas, baru masukkan bakpao dan kukus selama kurang lebih 10 menit hingga matang.

Jika sudah matang, bakpao siap diangkat dan disajikan. Kali ini resep untuk bakpao original tanpa diberikan isian.

Nah, mudah bukan membuat resep bakpao empuk dengan hasil putih mulus sekaligus tahan lama? Selamat mencoba sendiri di rumah!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait