FOKUS

Khas Belitong, Cobain Menu Gangan Kepala Kakap Ini!

JAKARTA (tandaseru) – Makanan khas Nusantara itu ada beragam, salah satunya yang perlu Anda coba adalah resep gangan kepala kakap khas Belitong ini!

Dilansir dari geoparkbelitong.com kelezatan salah satu makanan khas Belitong yaitu Gangan sangat luar biasa. Gangan jika dilihat sepintas, kuahnya mirip dengan gulai, tapi tak menggunakan santan.

Rasa yang dihadirkan pun cenderung pedas dan asam, jadi sangat menyegarkan ketika menyantapnya. Gangan bisa menggunakan beragam jenis ikan, ayam atau daging.

Memasak gangan ini tidak terlalu sulit, dan kali ini akan menggunakan kepala kakap sebagai bahan utamanya. Bagi yang penasaran dengan rasanya atau mungkin perantau yang rindu dengan masakan Belitong bisa langsung dicoba.

Berikut resep gangan kepala kakap khas Belitong!

Bahan yang diperlukan

Siapkan 1 buah kepala kakap yang dibagi 2, lalu 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah nanas yang dipotong-potong, 2 ruas lengkuas yang digeprek dan 7 siung bawang merah

Kemudian siapkan 3 siung bawang putih, 1/2 sdt terasi bakar, 3 buah kemiri sangrai, 7 buah cabe keriting, 5 buah cabe rawit merah, 1 sdt kunyit bubuk, 1/2 sdm gula merah, 1 sdt garam dan 700 ml air.

Cara pembuatannya tidak sulit!

Langkah awal cuci bersih terlebih dahulu kepala kakap, lalu lumuri menggunakan jeruk nipis dan diamkan selama 30 menit.

Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, terasi, cabe keriting, cabe rawit, kunyit hingga jadi halus, setelah itu tambahkan gula merah serta garam, kembali haluskan.

Jika sudah Anda didihkan airnya, kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama kepala kakap, setelah itu masak hingga matang.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasa, setelah dirasa pas baru masukkan nanas dan kembali masak sebentar, kemudian angkat.

Selanjutnya, Anda bisa sajikan gangan kepala kakap ketika masih panas. Bisa ditemani dengan nasi, dan dianjurkan segera menghabiskannya, karena jika disimpan dan dipanaskan kembali bisa mengubah citarasa aslinya.

Mudah bukan membuat resep gangan kepala kakap khas Belitong di atas? Jadi menu di rumah Anda akan semakin beragam deh!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait