FOKUS

Kuliner Legendaris Tegal, Glotak Pedas yang Menggugah Selera

JAKARTA (tandaseru) – Glotak adalah makanan olahan khas kota Tegal. Glotak menawarkan cita rasa yang sangat menggiurkan lidah, terutama bagi Anda pecinta makanan pedas. Nah, Anda bisa membuat resep glotak khas Tegal di rumah dengan mudah loh.

Glotak sendiri terbuat dari perpaduan tempe gembus dengan balungan ayam atau sapi. Tempe gembus adalah makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi ampas tahu.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya, tidak perlu pergi jauh ke Tegal. Ini dia resep glotak yang bisa Anda praktikkan di rumah dengan mudah.

Resep Glotak Khas Tegal yang Mudah Dibuat

Bahan-bahan

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 500 gram balungan ayam, rebus, ambil kaldu dengan takaran 1500 ml dan 2-3 papan tempe gembus kotak kecil, kukus 10 menit, haluskan kasar.

Kemudian 2 lembar daun salam, 2 serai, 3 daun jeruk, 3 cm lengkuas, geprek, 1/2 sdm kaldu ayam, gula dan garam secukupnya.

Bumbu halus glotak terdiri dari 6 bawang merah, 3 bawang putih, 20 cabai rawit merah, 5 cabai merah, 4 kemiri dan 1/2 sdt ketumbar.

Praktis, begini langkah mudah membuat menu legendaris Tegal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menumis bumbu halus, masukkan air kaldu dan balungan.

Selanjutnya, masukkan tempe gembus dan semua bumbu. Masak dengan api kecil hingga meresap, sambil sesekali cek rasa hingga sesuai dengan selera Anda.

Jika sudah matang, angkat dan sajikan. Semakin nikmat jika ditambah dengan kerupuk. Bagaimana, mudah sekali ya resep glotak khas Tegal? Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait