FOKUS

Menu Kreasi Idul Adha, Coba Resep Gyudon With Egg Mayo!

JAKARTA (tandaseru) – Idul Adha selalu identik dengan daging, tapi diperayaan tersebut Anda tidak ingin makan menu yang biasa, maka coba resep gyudon with egg mayo ini!

Gyudon atau beef bowl merupakan makanan asal Jepang sejenis donburri yaitu semangkuk nasi putih dengan topping irisan daging sapi tipis dan deberi bawang bombai yang dimasak dengan kecap asin serta gula.

Untuk menu Idul Adha yang akan datang sebentar lagi, agar tidak monoton alias itu-itu saja, gyudon dalam versi halal ini bisa dicoba, karena tidak menggunakan mirin di dalamnya.

Simak resep gyudon with egg mayo!

Bahan-bahan yang diperlukan

Beberapa bahan yang disiapkan adalah 100 gram irisan daging tipis, 1 buah bawang bombai yang diiris-iris, 100 ml air dan 3 sdm kecap asin

Lalu siapkan 2 sdt gula pasir, 1 sdm minyak wijen, 1/2 sdt jahe parut dan 1 siung bawang putih parut. Untuk bahan egg mayo, siapkan 1 butir telur rebus, 1 sdm mayonnaise, sejumput gula, garam dan merica.

Terakhir untuk taburannya bisa siapka wijen sangrai dan irisan daun bawang dan pelengkapnya bisa dengan nasi putih hangat.

Cara membuatnya tidak sulit!

Jika Idul Adha biasanya daging sapi untuk dijadikan sate, kali ini akan jadi menu ala Jepang. Pertama didihkan air, gula dan kecap asin.

Lalu tambahkan bawang bombay, jahe, bawang putih, minyak wijen dan masak semua sampai mendidih. Kemudian, tambahkan irisan daging sapi, masak hingga daging sapinya matang.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya, agar bumbu lebih meresap, Anda bisa diamkan dahulu dan baru dinikmati satu jam setelahnya.

Lanjutkan dengan membuat egg mayo, yaitu haluskan telur dengan garpu, kemudian tambahkan mayonaise, garam, gula, dan merica sambil diaduk rata, lalu sisihkan.

Sementara untuk penyajiannya Anda letakkan nasi dalam mangkuk, tuangkan tumisan daging tadi bersama kuahnya, kemudian beri taburan wijen dan daun bawang lalu beri egg mayo tepat di atasnya.

Nah, resep gyudon with egg mayo versi halal untuk menu perayaan Idul Adha siap untuk dinikmati bersama keluarga!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait