FOKUS

Menu Malam, Cobain Ikan Asap Santan Gurih ini!

JAKARTA (tandaseru) – Menikmati menu yang gurih di malam hari tentu menggugah selera. Resep ikan asap santan ini bisa jadi pilihan menarik untuk dimasak di rumah!

Mungkin Anda rindu dengan menu seafood yang biasa dijual di restoran? Nah, masakan seafood dengan bahan santan ini bisa jadi salah satu menu untuk bersantap malam Anda dengan keluarga di rumah.

Ikan asap santan ini cocok buat para pecinta seafood tapi kesal dengan aroma amis dari ikan. Pasalnya, santan yang dicampurkan dengan ikan akan membuat bau amis dari ikan berkurang dan aromanya jadi lebih wangi serta gurih.

Cara membuatnya juga tidak sulit, Anda bisa langsung praktik sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan pun tidak membuat Anda repot.

Simak resep ikan asap santan yang gurih!

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Siapkan bahan utamanya berupa 500 gram ikan pari asap yang sudah dipotong jadi 15 bagian, kemudian 10 buah tahu matang yang sudah dipotong jadi 2 bagian dan 4 papan petai.

Lalu siapkan juga 7 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 1 buah bawang bombay, 100 gram cabai hijau, 4 buah cabe merah, 10 buah cabe rawit merah dan 2 lembar daun salam.

Terakhir siapkan 2 lembar daun jeruk, 150 ml santan instan, minyak goreng secukupnya, 1 sdm garam, 1 sdt penyedap rasa, 1 sdt gula putih dan 200 ml air putih.

Cara pengolahannya mudah!

Tidak perlu langkah yang sulit untuk membuat menu seafood satu ini, pertama iris terlebih dahulu bawang putih, bawang merah, bawang bomay dan juga cabai.

Kemudian, belah petai jadi dua dan cuci bersih. Untuk petai bagi yang tidak suka, dilewatkan saja langkah tersebut. Kemudian tumis bawang putih, bawang merah dan juga bawang bombay.

Tambahkan cabai setelah itu tumis lagi sampai aroma harum keluar. Baru masukkan petai, daun jeruk, dan daun salam.

Berikutnya, masukkan ikan pari asap dan tahu, kemudian kembali ditumis. Jangan lupa tambahkan garam, penyedap rasa dan juga gula.

Setelah itu, tambahkan air 200 ml dan tunggu sampai mendidih. Jangan lupa memasukkan santan, diaduk-aduk sebentar dan tunggu mendidih lagi.

Setelah semua selesai, matikan kompornya dan sajikan ikan asap santan yang masih hangat. Anda bisa taburkan bawang goreng di atasnya untuk menambah aroma sedap.

Bagaimana, mudah bukan resep ikan asap santan di atas? Anda bisa jadikan menu makan malam, atau kalau mau jadi menu makan siang juga enak!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait