FOKUS

Jenang Ketan Hitam, Makanan Tradisional Zaman Dulu yang Melegenda

JAKARTA (tandaseru) – Salah satu makanan tradisional zaman dulu yang masih melegenda adalah Jenang Ketan Hitam. Konon zaman dulu, resep jenang ketan hitam ini hanya bisa dikonsumsi oleh Raja.

Rasa jenang ini sangat khas gurih, manis dan lengket. Bahkan kelezatannya sudah melegenda sejak zaman Majapahit. Nah, kini jenang ketan hitam sudah bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

Seringkali dimasak untuk acara besar seperti pernikahan untuk simbol perekat tali kasih sayang. Yuk langsung saja simak resep jajanan tradisional berikut ini.

Resep Jenang Ketan Hitam, Makanan Tradisional Zaman Dulu yang Melegenda

Bahan-bahan

Siapkan bahan utamanya yaitu 1 liter ketan hitam yang sudah direndam selama 3 jam. Kemudian 2 lembar daun pandan, gula sesuai selera, garam dan air secukupnya.

Bahan saus santan jenang terdiri dari 65 ml santan, 100 ml air, 2 lembar daun pandan dan garam secukupnya.

Cara sederhana membuat makanan zaman dulu yang menggiurkan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan semua bahan jenang ke dalam panci, didihkan dengan api sedang selama 5 menit.

Kemudian setelah 5 menit, matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dengan panci tertutup.

Selanjutnya, masak selama 7 menit hingga matang. Lalu masak dengan menggunakan panci terpisah semua bahan untuk saus santan hingga kental.

Setelah itu, jenang ketan hitam disiram dengan saus santan dan siap untuk disajikan.

Bagaimana, mudah sekali ya mengikuti resep jenang ketan di atas. Siapa yang tidak sabar ingin mencicipinya? Yuk praktikkan di rumah, selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait