FOKUS

Super Jadul, Kue Lapis Beras yang Lembut Dimulut

JAKARTA (tandaseru) – Kue basah tradisional seakan memberikan kenangan manis bagi para penikmatnya. Salah satu yang susah-susah gampang ditemui adalah kue lapis beras.

Jajanan pasar tradisional ini terkadang membuat seseorang ingat akan masa kecil. Tak heran banyak orang yang memburu kue manis dengan tekstur yang lembut ini.

Nah, bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan, mungkin sulit menjumpai jajanan kue lapis beras. Oleh sebab itu, simak resep kue lapis beras berikut ini.

Resep Kue Basah Tradisional yang Mudah Dibuat

Bahan-bahan

Bahan utama yang perlu Anda sediakan adalah 350 gr tepung beras, 175 gr tepung tapioka dan 1450 ml santan kekentalan sedang.

Kemudian siapkan juga 400 gr gula pasir, 1 sdt garam dan pewarna merah rose secukupnya.

Tips membuat kue lapis beras yang lembut dimulut

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasak santan dengan menggunakan api kecil hingga mendidih, lalu biarkan dingin.

Selanjutnya, masukkan gula pasir ke dalam chopper hingga gula larut, garam, dan tepung chopper lagi. Kemudian saring dan bagi menjadi 2 adonan.

Pada salah satu adonan beri warna pink rose secukupnya dan aduk-aduk hingga rata. Kemudian adonan yang satu lagi biarkan putih.

Setelah itu, oles loyang 18x18x8 cm dengan minyak, tuang adonan putih 100cc, kukus 5 menit lalu tuang adonan pink rose.

Begitu selanjutnya sampai adonan habis, kukus kembali 30 menit biar tanak. Tipsnya, setiap menuang adonan diaduk dulu biar rata.

Jika sudah biarkan dingin dan potong dengan pisau tajam yang dialasi plastik bening agar terlihat rapi.

Nah, camilan super jadul sudah siap disajikan. Bagaimana, salah satu resep kue basah tradisional di atas sangat mudah kan. Selamat mencoba resep kue lapis beras ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait