FOKUS

Kue Lebaran Mudah, Coba 2 Resep Kue Pakai Teflon ini!

JAKARTA (tandaseru) – Jika biasanya Anda membuat kue pakai oven, kali ini coba dengan teflon. Ada 2 resep kue lebaran pakai teflon yang bisa Anda coba langsung di rumah!

Lebaran tanpa kehadiran kue rasanya kurang lengkap. Walau saat ini semua orang akan merayakan lebaran di rumah saja, tanpa bertemu keluarga atau saudara lainnya, tapi tradisi menyediakan kue tidak bisa dihilangkan.

Bagi Anda yang biasa pesan kue, kali ini karena masih banyak waktu di rumah, akan lebih seru jika membuat kuenya sendiri, apalagi caranya sangat mudah.

Simak 2 resep kue lebaran pakai teflon!

Kue kacang

Untuk resep pertama kue kering lebaran yang paling sering dijumpai jika berkunjung ke rumah saudara atau tetangga ketika halal bihalal.

Bahan yang perlu disiapkan 250 gr tepung terigu, 125 gr kacang, 125 ml minyak goreng, 3 sdm gula halus dan 1/2 sdt garam. Untuk bahan olesannya siapkan 1 butir kuning telur dan 1 sdm minyak goreng.

Cara pembuatannya sangat mudah!

Tidak perlu repot dan waktu lama, pertama sangrai kacang sampai matang dan kulit arinya terkupas. Selagi masih panas Anda tekan sambil diputar menggunakan sendok nasi agar kulit arinya mudah terkelupas sempurna.

Buang kulit ari kacang sampai bersih dan haluskan menggunakan blender atau ulekan. Campurkan kacang halus dengan gula, terigu serta garam. Aduklah merata, lalu tuang minyak dan kembali aduk rata.

Kemudian, giling adonan atau pipihkan, lalu cetak sesuai selera. Nyalakan api, beri alas seng atau angsang dandang pada kompor. Setelah itu letakkan teflon di atasnya dan letakkan kue kacang dalam teflon sampai penuh.

Panggang kue menggunakan api kecil di atas teflon sekitar 10 menit sambil teflon ditutup. Buka teflon kemudian oleskan bahan olesan agar permukaannya jadi kuning cantic, tutup kembali dan panggang selama 30 menit.

Jangan lupa dibalik sebentar kuenya agar kuning berkilau keemasan, lalu angkat, dinginkan dan kue kacang siap dinikmati.

Kue semprit

Satu lagi resep kue yang bisa jadi camilan lebaran Anda di rumah. Kue semprit teflon ini juga sangat mudah membuatnya.

Bahan yang diperlukan, 400 gr tepung terigu, 250 gr gula bubuk atau gula halus, 250 gr margarin, 100 gr maizena, 3 butir kuning telur, 5 sdm susu bubuk, 1 sdt vanili bubuk, 1 sdm roombutter, 2 tetes pewarna kuning telur (optional) dan chocochips secukupnya untuk hiasan atau bisa diganti dengan selai nanas.

Cara pembuatannya tidak sulit!

Awalnya Anda kocok telur bersama dengan gula, vanili dan margarin sampai tercampur rata. Baru masukkan maizena dan susu bubuk, aduk rata kembali.

Tuangkan terigu sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata. Masukkan juga roombutter dan pewarna kuning, aduk lagi dengan rata.

Setelah adonan jadi, baru masukkan dalam plastik segitiga yang telah dipasang spuit. Semprotkan pada sarangan dandang atau angsang yang telah dioles margarin tipis.

Hiaslah bagian tengahnya dengan chocochips. Siapkan teflon, lalu panaskan dan letakkan sarangan dandang atau angsang di atas teflon.

Panggang kue menggunakan api kecil dan jangan lupa ditutup teflonnya. Panggang sampai kue matang atau sekitar 20 menit.

Selanjutnya Anda angkat kue yang telah matang, dinginkan dan siap untuk dinikmati atau disimpan dalam toples.

Nah, itu tadi resep kue lebaran pakai teflon yang bisa langsung dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba dan selamat berlebaran!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait