FOKUS

Kue Lumpang Pandan Khas Sumatera, Enak Banget!

JAKARTA (tandaseru) – Membuat camilan kue tradisional tidak sesulit yang dipikirkan kok, salah satu yang perlu dicoba adalah resep kue lumpang pandan khas Sumatera ini!

Menu camilan tradisional itu tidak pernah ada matinya. Sekalipun menu-menu camilan baru berdatangan dari beragam negara, tapi camilan dari dalam negeri selalu punya ciri khas.

Seperti salah satunya resep kue lumpang pandan khas Sumatera yang mungkin mulai jarang Anda temukan di tolo kue kekinian.

Daripada mencarinya susah, membuat kue lumpang atau kue ijo ini tidak terlalu sulit. Dengan campuran santan cair, akan menambah cita rasanya. Walau di Pulau Sumatera, kue lumpang aslinya dibuat menggunakan air pandan asli tanpa tambahan santan.

Simak resep kue lumpang pandan mudah ini!

Bahan yang diperlukan

Persiapkan semua bahannya, pertama sediakan 100 gr tepung terigu, 100 gr tepung sagu, 100 gr gula pasir, 400 ml air pandan, 1-2 lembar daun pandan yang dipotong-potong, 150 gr kelapa parut muda dan 1/2 sdt garam

Cara pengolahannya juga tak sulit!

Langkah awalnya campurkan kelapa parut dan garam, lalu diberi beberapa potong daun pandan. Kemudian dikukus selama 10 menit dan sisihkan.

Jika sudah, Anda bisa panaskan air pandan, kemudian potongan daun pandan serta gula pasir sampai mendidih dan gulanya larut.

Setelah itu pada wadah lain, campurkan tepung terigu beserta tepung sagu, lalu tuangkan larutan pandan gula tadi saat masih dalam keadaan panas, barulah aduk merata sampai tak ada gumpalan.

Lanjutkan dengan memanaskan kukusan, lalu masukkan cetakan kue lumpang yang telah dioles tipis dengan minyak goreng. Kemudian, tunggu sampai kukusan beruap.

Perlu dicatat, cetakan kue lumpang haruslah ikut dipanaskan dalam kukusan tersebut. Setelah itu, tuangkan adonan kue lumpang 3/4 bagian.

Barulah ditutup kukusannya menggunakan kain agar tak terdapat air yang menetes. Kemdian, kukus sampai 15 menit atau hingga adonan lumpangnya matang dan kenyal.

Jika sudah, barulah keluarkan kue lumpang dari cetakan. Kemudian Anda balurkan dengan parutan kelapa kukus. Jika setiap langkahnya dapat dilakukan dengan benar, maka Anda akan mendapat kue lumpang dengan lesung pada bagian tengahnya.

Nah, mudah bukan membuat resep kue lumping pandan di atas? Jadi saat Anda rindu kue tradisional khas dari Sumatera ini, langsung buat saja sendiri!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait