FOKUS

Menu Lebaran Simpel, Coba Resep Lontong Sayur Betawi!

JAKARTA (tandaseru) – Selain opor dan rendang, ada menu yang bisa dicoba disajikan saat lebaran. Resep lontong sayur Betawi ini menu simpel yang bisa diandalkan!

Berlebaran di rumah saja tentu membuat Anda jadi harus masak menu lebaran yang biasanya tidak Anda lakukan, karena tahun-tahun sebelumnya Anda berkunjung ke rumah saudara atau orang tua.

Akibat pandemi Covid-19 dan mengharuskan social distancing, membuat Anda tidak bisa berkunjung dan menikmati santapan lebaran di rumah orang tua atau saudara. Alhasil Anda harus mencoba buat sendiri menu lebaran di rumah.

Lontong sayur Betawi ini bisa jadi andalan jika Anda ingin menu lebaran yang mudah dan tidak membuat Anda repot.

Simak resep lontong sayur Betawi ini!

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Langkah pertama siapkan 1 buah labu siam, 7 lonjor kacang panjang, 500 ml santan kelapa, 1 buah kentang, 1 batang serai yang digeprek dan 2 lembar daun salam

Kemudian siapkan 1/3 sdt kaldu bubuk, 1 sdm garam, 1 sdt ebi yang sudah direndam air hangat sebentar dan 1/2 sdt gula.

Untuk bumbu halus terdiri dari 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 13 biji cabai merah, 1/2 ruas jahe dan 1/2 sdt terasi bekar

Siapkan juga bahan pelengkapnya seperti lontong, telur rebus dan emping. Bawang goreng juga bisa Anda siapkan sesuai selera.

Cara pembuatannya tidak menyusahkan!

Langkah awal Anda cuci bersih terlebih dahulu semua bahan sayuran, kemudian Anda potong-potong. Lalu, panaskan sedikit minyak. Langsung tumis bumbu halus yang tadi disiapkan.

Tambahkan daun salam serta serai, tumis terus sampai mengeluarkan aroma wangi. Selanjutnya, masukkan kentang dan kacang panjang.

Masak sebentar semua bahannya, barulah masukkan labu siam serta ebi. Setelah semua bahan sudah sampai setengah matang, baru Anda masukkan santan.

Kemudian, tambahkan gula, garam serta kaldu bubuk. Selanjutnya aduk-aduk terus agar santan kelapanya tidak pecah. Masak sampai matang.

Jika sudah, angkat dan sajikan sayur lontong Betawi dengan tambahan telur rebus serta emping. Mudah bukan membuat resep lontong sayur Betawi di atas?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait