FOKUS

Rindu Kampung? Coba Buat Madumongso Khas Ponorogo ini

JAKARTA (tandaseru) – Lebaran tanpa pulang kampung? Tak perlu khawatir, ada resep madumongso khas Ponorogo yang bisa obati rasa rindu pada kampung halaman!

Madumongso merupakan makanan khas Ponorogo yang terbuat dari bahan dasar tape ketan hitam. Makanan ringan yang biasa jadi camilan ini punya rasa yang manis dan bertekstur lembut.

Biasanya, madumongso akan selalu disediakan dalam perayaan seperti Hari Raya Idul Fitri terutama di daerah Ponorogo. Tapi karena saat ini tidak bisa mudik, maka tak ada salahnya menghadirkan madumongso di rumah.

Bahan dan cara membuat madumongso ketan hitam ini tak sesulit yang dibayangkan, Anda bisa membuatnya bersama keluarga sambil menanti waktu berbuka.

Simak resep madumongso khas Ponorogo ini!

Bahan yang perlu disiapkan

Anda bisa siapkan 2 kg tape ketan hitam, kelapa 3 biji yang telah diambil santannya, 1 kg gula merah, dan garam secukupnya.

Untuk pembuatannya mudah!

Tidak hanya bahannya yang super sederhana, tapi juga cara pembuatannya tidak akan membuat Anda kesulitan di dapur hanya sedikit butuh kesabaran saja.

Pertama siapkan santan yang dimasak terlebih dahulu, lalu ambil bagian yang kental dan buanglah air yang berwarna beningnya.

Setelah itu, rebuslah gula merah menggunakan 250 ml air sampai benar-benar mencair. Kemudian santan tadi dan gula cair Anda rebus jadi satu hingga mengental.

Jika sudah, masukkan tape ketan hitam kembali diaduk selama 3 jam. Jika sudah 3 jam, Anda angkat dari wajan, lalu biarkan adonan madumongsonya dingin.

Ketika sudah dingin, baru Anda bungkus dengan plastik atau kertas minyak kecil-kecil agar bisa dimasukkan dalam toples dan disediakan saat lebaran.

Nah, mudah bukan membuat resep madumongso khas Ponorogo di atas? Anda jadi bisa sedikit mengobati rasa rindu pada kampung halaman.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait