FOKUS

Kue Lebaran Anti Ribet, Coba Resep Nastar Tanpa Oven!

JAKARTA (tandaseru) – Anda yang biasanya membeli kue lebaran mungkin karena pandemi jadi iseng buat kue sendiri, coba yang anti ribet resep nastar coklat tanpa oven ini!

Siapa bilang membuat nastar harus menggunakan oven? Ternyata hal itu bukan sebuah keharusan. Anda tetap bisa buat nastar enak tanpa oven dan hanya menggunakan kukusan.

Hasilnya tidak berbeda dengan nastar yang menggunakan oven. Daripada Anda penasaran, lebih baik langsung mencoba resep nastar cokelat tanpa oven ini!

Simak resep nastar coklat tanpa oven yang simpel!

Bahan-bahan yang diperlukan

Siapkan bahan untuk kulit nastarnya, yaitu 50 gram mentega, 100 gram margarin, 175 gram tepung terigu, 25 gram tepung maizena dan 25 gram gula pasir

Lalu siapkan juga 1/2 sdt vanili, 1 sdm susu bubuk, 1 butir telur dan 1 kuning telur. Sementara untuk selai cokelatnya siapkan 75 gram dark chocolate, 50 ml air dan 100 gram gula pasir

Kemudian 100 gram tepung terigu, 25 gram cokelat bubuk dan 1 sdm margarin. Untuk olesannya siapkan 2 kuning telur kocok lepas dan meises secukupnya.

Cara pembuatannya sederhana!

Tidak sulit untuk membuat nastar tanpa oven ini, pertama olah bahan selai cokelatnya. Campurkan semua bahan, kecuali tepung terigu, cokelat bubuk dan margarin, lalu diaduk rata.

Masak hingga tercampur rata serta gula sekaligus cokelatnya larut. Matikan kompornya dan tambahkan tepung terigu beserta cokelat bubuk, aduk rata lagi.

Kemudian tambahkan margarin, kembali aduk rata dan biarkan dingin. Lanjutkan dengan membuat bulatan-bulatan kecil, lakukan hal tersebut sampai adonannya habis.

Lalu barulah masukkan dalam lemari es. Selanjutnya, buat kulit nastar dengan mencampur margarin, mentega dan tepung rata.

Setelah itu, tambahkan maizena, gula pasir, vanili, susu bubuk dan masukkan telur. Aduk lagi hingga adonannya tidak menempel.

Jika sudah, keluarkan isian cokelat dari kulkas. Lalu ambil adonan nastar secukupnya kemudian berilah isian, lalu kembali bulatkan.

Lakukan hal yang sama sampai seluruh adonan isian dan kulit nastarnya habis. Olesi dengan kuning telur di bagian atasnya.

Letakkan semua nastar pada kukusan yang telah di alasi baking paper (kukusan tidak perlu diberi air). Tunggu hingga 10 menit, olesi kembali menggunakan kuning telur dan berilah meises.

Kukus lagi sampai matang kurang lebih 30 menit. Keluarkan dari kukusan, dan setelah dingin letakan pada toples kedap udara.

Nah, mudah bukan membuat resep nastar coklat tanpa oven di atas? dijamin pasti Anda dan keluarga ketagihan menyantap kue Lebaran tersebut saat Hari Raya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait