FOKUS

Camilan Olos Khas Tegal yang Menggiurkan

JAKARTA (tandaseru) – Olos merupakan jajanan asal Tegal yang menggiurkan lidah. Jika ingin mencobanya, tak perlu menunggu abang-abang pedagang olos lewat depan rumah. Anda bisa membuat rese polos khas Tegal dengan mudah.

Bahan-bahan camilan olos ini sangat mudah ditemui di pasar atau warung-warung dekat rumah. Bahan utamanya adalah campuran tepung terigu dan tapioka.

Olos biasanya berbentuk bulat dengan isian sayur. Langsung saja intip cara membuat jajanan gurih khas Tegal yuk!

Resep Olos Khas Tegal Si Camilan yang Menggiurkan

Bahan-bahan

Bahan untuk membuat olos sangat sederhana. Sediakan bahan utamanya, yaitu 11 sdm tepung tapioka dan 10 sdm tepung terigu.

Kemudian 1 sdt kaldu bubuk, 1/2 sdm lada bubuk, 1/4 sdt garam,dan air panas secukupnya air panas.

Bahan isian olos terdiri dari 10 rawit merah yang dihaluskan atau diiris, 100 gr kol, iris, 1 buah bawang merah dan 1 siung bawang putih, haluskan.

Secukupnya gula, garam, dan kaldu bubuk

Langkah membuat camilan yang gurih dan nagih

Pertama, campurkan dalam wadah bahan-bahan tapioka, terigu, kaldu bubuk, garam dan lada. Kemudian tuang air panas secukupnya. Aduk-aduk menggunakan sendok.

Selanjutnya, uleni adonan dengan mengunakan tangan sampai kalis dan sisihkan.

Setelah itu, tumis bawang merah dan putih halus sampai harum. Lalu masukkan irisan cabai rawit merah.

Jika aroma harum dan cabai sudah tercium. Tambahkan kol, bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk. Masak sampai matang dan sisihkan.

Tahap berikutnya, ambil sedikit adonan olos, pipihkan dan beri isian sayur. Kemudian bentuk menjadi bulat. Lakukan sampai adonan habis.

Kemudian goreng adonan olos namun dalam minyak yang masih dingin terlebih dahulu. Baru nyalakan api sedang dan masak sampai matang berwarna kuning keemasan.

Nah, camilan yang gurih ini sudah jadi. Bagaimana, resep olos khas Tegal ini cukup mudah dibuat ya? Semoga suka!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait