FOKUS

Pampis Ikan Tongkol Pedas yang Sedapnya Juara

JAKARTA (tandaseru) – Anda pecinta menu tumis ikan tongkol pedas? Makanan khas Manado, resep pampis ikan tongkol ini sangat mengundang untuk dicoba loh!

Tongkol suwir dengan aroma segar dari kemangi dan daun jeruk dijamin bikin ketagihan. Semakin lezat saat disantap dengan sepiring nasi hangat.

Biasanya cara memasak tongkol hanya digoreng atau dibumbui dalam keadaan utuh, kali ini masak ikan tongkol dengan disuir terlebih dahulu kemudian dibumbui. Langsung intip resepnya berikut ini.

Resep Pampis Ikan Tongkol Super Pedas, Wajib Coba!

Bahan-bahan

Sediakan 300 gr ikan tongkol, 1 buah jeruk nipis, 1 lembar daun pandan, 1 genggam daun kemangi, 2 batang daun bawang, iris tipis, 2 batang serai, dan 5 lembar daun jeruk.

Siapkan juga bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 5 buah cabai keriting, 5 buah cabai rawit, 1 cm kunyit, 1 cm jahe, garam, gula dan lada bubuk secukupnya.

Langkah mudah membuat masakan pampis ikan khas Manado

Langkah pertama, lumuri ikan tongkol dengan jeruk nipis. Kukus ikan tongkol hingga matang dan empuk, lalu suwir-suwir.

Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, daun pandan dan serai. Tumis lagi hingga bumbu matang.

Kemudian, masukkan ikan tongkol, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula dan lada bubuk secukupnya.

Setelah semua tercampur rata dan sedap, matikan api. Kemudian sajikan pampis ikan bersama nasi hangat.

Nah, itu dia resep pampis ikan tongkol yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Dijamin, olahan ikan ini akan memanjakan lidah penikmat kuliner.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com