FOKUS

Cobain deh, Pempek Nasi untuk Camilan di Rumah

Tandaseru – Pempek dikenal dengan bahan baku ikan, makanan asal Palembang, Sumatra Selatan ini bertekstur garing di bagian luar. Nah, bila Anda ingin membuatnya tanpa bahan dasar ikan bisa saja kok, Anda bisa mencoba resep pempek nasi untuk camilan unik di rumah.

Tak perlu khawatir akan rasa, camilan yang memakai nasi sebagai bahan utama ini juga tak kalah enak.

Bahan makanan yang populer di Indonesia ini tentu menarik untuk dibuat. Langsung saja simak kreasi resep pempek nasi berikut ini.

Bahan-bahan resep pempek nasi

Cara Masak Nasi Agar Tidak Cepat Basi

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 540 gram nasi, 180 gram tepung tapioka/sagu, dan 40 gram bawang merah yang sudah dicincang tipis.

Kemudian sediakan minyak sayur secukupnya, 120 ml air, 1/2 sdt gula pasir, dan 2 sdt garam.

Tahap membuat pempek nasi sebagai camilan santai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah goreng bawang merah hingga setengah kekuningan dan tiriskan

Selanjutnya, campurkan nasi, bawang goreng, air, garam, dan gula. Lalu remat-remat menggunakan tangan hingga tercampur rata.

Kemudian tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Remat-remat kembali dan campur rata adonan sampai bisa dibentuk bulat pipih.

Adonan dibentuk bulat pipih agar waktu digoreng matang dan tidak keras. Setelah digoreng dengan api sedang, bolak balik beberapa kali supaya matang merata.Cukup goreng sampai kekuningan.

Sajikan camilan ini selagi hangat dengan cuko pempek untuk menemani waktu santai Anda di rumah. Mudah sekali kan? Selamat mencoba resep pempek nasi diatas ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait