FOKUS

Beraroma Rempah, Coba Resep Pesmol Ikan Mas ini!

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin Anda biasa menyantap ikan mas bakar, tapi coba kali ini masak resep pesmol ikan mas dengan cita rasa rempah yang menggiurkan!

Mungkin bagi para pecinta seafood harus mencoba sajian pesmol ikan mas ini, karena Anda akan merasakan menu yang penuh dengan cita rasa rempah.

Bumbu dari pesmol ikan mas ini jika dipadukan dengan nasi hangat akan menambah nafsu makan Anda serta keluarga meningkat. Jadi bila kebingungan akan masak apa untuk menu makan malam, pesmol ikan mas ini bisa jadi pilihan.

Simak resep pesmol ikan mas ini!

Bahan-bahan yang diperlukan

Langkah pertama persiapkan terlebih dahulu bahannya berupa 600 gram ikan mas, 2 buah wortel yang diiris korek api, 2 buah timun yang juga diiris korek api dan 1 ruas lengkuas geprek

Lalu siapkan 2 lembar daun salam, 2 batang sereh yang diambil putihnya, 100 ml air, 1 sdm cuka, 50 ml santan, segengam cabe rawit hijau dan merah

Kemudian 1 buah tomat yang telah dipotong-potong, 1/2 sdt kaldu bubuk, 1/2 sdt garam, 2 sdt gula pasir dan 1/4 sdt merica

Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah kemiri sangrai, 1/2 sdt ketumbar sangrai, 4 buab cabe merah, 1 sdt kunyit bubuk dan 1 ruas jahe

Cara membuatnya mudah!

Awalnya Anda cuci bersih terlebih dahulu ikan mas, lalu diberi garam dan didiamkan sebentar. Kemudian Anda goreng ikan sampai matang.

Sementara itu, Anda tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama tomat, daun salam, sereh dan lengkuas hingga jadi matang.

Barulah tuangkan air, gula, garam, merica dan cuka, aduklah merata. Jangan lupa juga untuk mengoreksi rasanya. Kemudian Anda masak hingga mendidih.

Tambahkan santan ke dalamnya, lalu masukkan ikan mas goreng tadi, cabe rawit, wortel dan timun, masaklah hingga semua bumbunya meresap dan kuahnya menyusut.

Jika sudah, Anda bisa angkat dan sajikan pesmol ikan mas bersama dengan nasi hangat dan kerupuk. Mudah bukan membuat resep pesmol ikan mas tersebut?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait