FOKUS

Coba Menu Rawon Buntut Praktis, Bisa Buat Sendiri Loh!

JAKARTA (tandaseru) – Bagi Anda penikmat rawon, rasanya sayang jika melewatkan cita rasa dari menu satu ini. Resep rawon buntut terpraktis ini mudah di buat sendiri di rumah!

Buntut atau oxtail adalah menu olahan yang sangat enak jadi apa pun juga. Bisa Anda jadikan sup atau dibakar, buntut selalu menghadirkan rasa yang menggugah selera.

Tapi, kali ini coba buat sendiri olahan buntut yang dijadikan rawon. Pasalnya, saat ini masih masa PSBB yang mengharuskan semua orang harus di rumah saja.

Hal itu membuat pergi ke restoran yang menyediakan rawon buntut jadi mustahil, dan rawon sebenarnya terasa lebih lezat jika didiamkan semalaman, bumbunya bisa semakin meresap.

Jadi daripada bingung, dan Anda sudah ingin sekali menyantap rawon buntut, buat saja sendiri di rumah yang pastinya rawon enak.

Berikut resep rawon buntut terpraktis!

Persiapkan bahan-bahannya

Menu rawon buntut ini bisa untuk 4 porsi. Bahan yang diperlukan 700 gram buntut sapi, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 2 batang sereh dan 1 ruas lengkuas geprek

Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 3 buah klewak, 3 buah kemiri sangrai, 1/2 sdt ketumbar sangrai, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt kunyit bubuk, 1/2 sdt merica, 1 sdt garam dan 1 sdt gula pasir.

Sementara untuk bahan pelengkapnya Anda bisa siapkan telur asin, toge pendek, sambal, acar dan bawang goreng.

Cara pengolahannya sangat sederhana!

Langkah awal Anda bisa rebus buntut sapi sampai jadi empuk bersama dengan daun salam. Kemudian bisa diangkat setelah lunak lalu sisihkan.

Tumislah bumbu yang tadi sudah dihaluskan bersama dengan daun salam, sereh, daun jeruk serta lengkuas hingga semua bumbunya matang.

Jika sudah, tambahkan sebagian air kaldu beserta air biasa sekitar 400 ml, masaklah hingga mendidih, kemudian masukkan buntut sapinya, lalu aduklah sesekali.

Masak menggunakan api kecil dan tunggu sampai bumbunya benar-benar meresap dan jangan lupa untuk mengoreksi rasanya terlebih dahulu.

Setelah itu, rawon buntut yang sudah matang bisa Anda sajikan setelah didiamkan semalaman, karena rasanya bisa jadi lebih lezat.

Nah, saat akan menyediakannya Anda tinggal tambahkan bahan pelengkap, ditemani nasi hangat, langsung bisa dinikmati.

Mudah bukan resep rawon buntut terpraktis rumahan yang bisa langsung Anda buat sendiri. Jadi Anda tak perlu repot keluar lagi mencari restoran rawon buntut!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait