FOKUS

Buat Roti Jabrik yang Sedang Viral, Mudah Kok!

JAKARTA (tandaseru) – Kata siapa membuat roti itu sulit? Ada resep roti jabrik yang sedang viral dan cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah!

Mungkin Anda tidak tahu jika membuat roti itu tak terlalu sulit, karena selain bahannya mudah ditemukan, cara pembuatannya juga mudah.

Saat ini kembali ada makanan yang sempat viral karena selain tampak enak, tapi namanya juga mengundang perhatian, yaitu roti jabrik.

Roti ini sebenarnya sederhana, karena hanya berupa roti goreng yang diisi krim, lalu diberi topping keju parut yang banyak hingga terlihat seperti rambut jabrik.

Gimana cara buat resep roti jabrik ini?

Bahannya tidak sulit ditemukan

Bahan untuk rotinya siapkan 25 sdm tepung terigu protein tinggi, 3 sdm gula pasir, 1 butir telur, 1 sdt ragi, 110 air hangat atau secukupnya dan sejumput garam.

Sementara untuk topping, siapkan keju cheddar yang diparut secukupnya. Terakhir untuk isian krimnya siapkan 1 kotak keju cheddar soft yang sudah diparut dan 200 ml susu full cream.

Cara pembuatannya cukup mudah!

Mungkin dari cara pembuatannya tidak terlalu sulit, hanya sedikit membutuhkan waktu yang cukup lama saja. Pertama, Anda larutkan gula pasir dalam satu gelas kecil air hangat.

Lalu, masukkan ragi dan larutkan juga, kemudian Anda diamkan sekitar 5 menit atau hingga mengembang.

Setelah itu campurkan terigu dan garam, lalu tuangkan air ragi, masukkan telur yang telah dikocok dan aduklah adonan tersebut.

Tuangkan sedikit demi sedikit air hangat secukupnya, sambil diuleni adonan sampai tidak terlalu lengket. Selanjutnya diamkan selama 1 jam agar adonan mengembang dan jangan lupa tutup adonan dengan kain.

Untuk isian krimnya, Anda bisa panaskan keju soft dengan susu, lalu diaduk rata sampai jadi mengental. Setelah itu angkat dan dinginkan, tapi pastikan juga teksturnya tak terlalu cair.

Jika adonan rotinya sudah mengembang, Anda uleni sebentar, kemudian bagi jadi beberapa bagian. Selanjutnya tutup dengan kain atau plastik agar adonannya tak kering.

Bulatkan dan pipihkan setiap adonan yang sudah dibagi tadi, isi dengan krim. Lalu bungkus dan bulatkan adonan lagi agar isinya tidak bocor. Lakukan sampai adonannya habis.

Jika sudah semua, diamkan lagi adonan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, panaskan minyak, goreng adonan dengan minyak panas di atas api kecil, balik sekali saat sudah matang.

Oleskan dengan sisa krim di bagian atasnya dan celup dalam keju parut sampai jabrik. Lakukan sampai rotinya habis, jadi deh roti jabriknya.

Paling nikmat memang menyantap resep roti jabrik tersebut di pagi ketika sarapan atau sore hari ditemani segelas teh atau kopi hangat!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait