FOKUS

Nggak Kalah Sama Sambel Matah, Sambal Embe Khas Bali ini Patut Dicoba!

Tandaseru – Sambal di Indonesia nyatanya gak cuma sebatas sambal terasi atau sambal matah, ada banyak varian sambal lainnya yang patut dicoba, salah satunya resep sambal embe khas Bali ini!

Indonesia memang terkenal akan kuliner yang beragam, salah satu daerah yang sering dijadikan lokasi berwisata bukan hanya oleh wisatawan dalam negeri tapi juga luar negeri ini menyimpan sambal yang enak banget.

Memang namanya tak sepopuler sambal matah atau sambal-sambal lainnya yang sering dicicipi di Indonesia, tapi kalau ditanya soal rasa, sambal embe ini nggak akan kalah kok kenikmatannya!

Rasanya yang khas dengan pedas dan gurih membuat sambal khas Bali ini pun banyak disukai orang, hanya saja tidak populer. Sekalipun tidak populer sambal ini tetap bikin nagih kok.

Penasaran sama rasanya, nggak perlu jauh-jauh ke Bali, cukup buat sendiri di rumah. Karena bahannya mudah dan tentunya praktis.

Bahan sederhana resep sambal embe khas Bali!

Pertama siapkan 5 siung bawang merah yang sudah diiris tipis, lalu 7 siung bawang putih yang juga diiris tipis, 13 buah cabai rawit, garam dan air jeruk limau secukupnya.

Jangan lupa siapkan juga kaldu ayam bubuk juga secukupnya dan itu pun jika Anda suka, terakhir minyak goreng secukupnya.

Jika bahan yang sederhana sudah siap, membuatnya bagaimana?

Langkah-langkah membuat sambal khas Bali ini mudah banget kok, yaitu goreng bawang merah beserta bawang putih sampai setengah matang atau bisa juga hingga kering sesuai dengan selera.

Kemudian, gorenglah cabai rawit, lalu haluskan menggunakan cobek. Jika sudah, campurkan bawang goreng dengan cabai yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Setelah itu, tambahkan garam beserta kaldu ayam bubuk secukupnya. Kemudian, tambahkan pula gula jika Anda menyukainya.

Aduklah rata seluruh bahan, lalu sajikan pada sebuah wadah agar bisa dinikmati bersama dengan nasi putih hangat, ikan goreng dan juga sayur cah kangkung.

Nah, bagaimana sudah tertarik untuk membuat resep sambal embe khas Bali di atas? Bukan hanya mudah dan sederhana, rasanya pun enak dan buat ketagihan.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com