FOKUS

Menu Idul Adha, Coba Resep Sup Konro Khas Makassar ini!

JAKARTA (tandaseru) – Idul Adha tanpa menu daging rasanya kurang meriah, bagaimana dengan resep sup konro khas Makassar ini? Sangat cocok untuk perayaan Idul Adha di rumah saja.

Sup konro merupakan salah satu makanan khas Makassar yang sangat wajib dicoba bila berkunjung ke Sulawesi Selatan. Tapi karena tidak bisa bepergian terlalu jauh, untuk menu Idul Adha kali ini akan cocok jika masak sup konro sendiri di rumah.

Biasanya makanan berkuah pekat dengan daging iga ini disajikan dan dinikmati dengan buras. Kelezatan sup konro memang tak bisa tertandingi.

Simak resep sup konro khas Makassar ini!

Persiapkan bahan-bahannya

Pertama siapkan 1 kg iga sapi dengan tulangnya, 2 liter air, 3 sdm air asam jawa, 1 ruas lengkuas geprek, dan 5 siung bawang merah yang diiris tipis

Lalu siapkan 1/2 sdt cengkeh bubuk, 2 batang kayu manis, 3 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1/2 sdt kapulaga, 1 sdt kaldu bubuk, 1 sdt garam dan 1 sdm gula pasir

Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 5 buah kemiri sangrai, 1/2 sdm ketumbar sangrai, 9 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 3 buah kluwek dan 1 sdt merica

Lalu 2 batang sereh ambil putihnya yang diiris-iris, 1 ruas jahe, sejumput jinten bubuk, 75 gram kacang tanah goreng dan minyak untuk menumis. Pelengkapnya siapkan daun bawang, bawang goreng, sambal dan jeruk nipis

Cara pembuatannya mudah!

Langkah awal, rebus terlebih dahulu iga sapi dengan daun salam beserta daun jeruk hingga empuk, jangan lupa untuk membuang kotoran daging yang mengapung.

Setelah itu tambahkan air jika diperlukan, lalu angkat dan disisihkan. Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan, kecuali kacang tanah, hingga tercium aroma wangi dan matang.

Baru setelah itu tambahkan daun salam, masak sampai layu, dan tambahkan kacang tanah, masak sampai tercampur rata.

Jika sudah, masukkan bumbu yang telah ditumis dalam air rebusan daging iga, kemudian dimasak kembali hingga mendidih.

Lanjutkan setelah mendidih, masukan gula, garam, kaldu bubuk, cengkeh, kayu manis, jinten, kapulaga, sambil diaduk rata.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasanya, jika sudah cukup, angkat dan bisa langsung disajikan dengan jeruk nipis dan sambal, jangan lupa juga taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

Nah, mudah bukan membuat resep sup konro khas Makassar di atas? Jadi selain Anda buat menu ala Korea untuk perayaan Idul Adha, juga bisa menu nusantara yang tak kalah menggiurkan!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait