FOKUS

Resmi Beroperasi, MPP Sidoarjo Sediakan 168 Jenis Pelayanan Publik

Tandaseru – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Jawa Timur, menyediakan layanan publik terpadu di satu tempat.

“Kita patut bersyukur dengan diresmikannya MPP di Sidoarjo ini. Fasilitas ini semakin memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik,” kata Syafruddin saat acara peresmian, Selasa (29/1).

Pada peresmian itu, Menteri PANRB didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa dan Kepala Biro Reformasi Birokrasi Polri Brigjen Romano Yoyol. 

Hadir pula Bupati Sidoarjo Saiful Illah, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, dan sejumlah perwakilan instansi terkait.

Menpan RB Syarifuddin (kedua kiri) menandatangani prasasti peresmian MPP Sidoarjo. (istimewa)

Syafruddin menilai MPP Sidoarjo yang menyediakan 168 jenis pelayanan dari 24 instansi ini cukup bagus dan mempresentasikan semua unsur dan instansi. Apalagi semua layanan di MPP tersebut bekerja secara online.

Mantan Wakapolri ini berharap MPP di Sidoarjo bisa menginspirasi kepala daerah yang lain untuk membentuk mal pelayanan. “Saat ini ada 19 mal pelayanan yang mengantre untuk diresmikan. Kepala daerah diharapkan saling berlomba membentuk MPP seperti ini,” ujarnya.

Bupati Sidoarjo menyatakan, MPP tersebut sudah beroperasi dan melayani masyarakat sejak soft launching oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa pada pertengahan Januari 2019.

Stan Polresta Sidoarjo

Di MPP Sidoarjo yang berlokasi di Jalan Veteran Lingkar Timur ini juga terdapat stan Polresta Sidoarjo. Di stan ini masyarakat bisa mengurus perpanjangan SIM dan SKCK. 

Diah Natalisa mengapresiasi perkembangan pelayanan publik di Sidoarjo, seperti stan Polresta dan Samsat. “Kemudahan ini juga terfasilitasi oleh instansi lainnya di dalam satu tempat ini, yakni layanan satu atap MPP Sidoarjo,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait