FOKUS

Resmi Ditutup Megawati, Ini 9 Rekomendasi Rakernas PDI Perjuangan 2020

JAKARTA (Tandaseru) – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menutup Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan yang berlangsung sejak 10 Januari 2020, Minggu (12/1).

Dalam rapat yang digelar di JIExpo Kemayoran tersebut, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, Rakernas I PDIP ini menelurkan sembilan rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah, dewan perwakilan rakyat dan kader PDIP.

Sembilan rekomendasi Rakernas PDIP di Jakarta:

1. Mendukung sepenuhnya pemerintahan Jokowi-Maruf Amin untuk menjaga eksistensi, kehormatan dan kedaulatan teritorial dan kedaulatan ekonomi Indonesia dari pihak manapun termasuk kepentingan asing.

2. Merekomendasikan DPP PDI Perjuangan untuk menyusun langkah politik strategis guna menyusun haluan pembangunan nasional melalui strategi industri hulu-hilir berbasis penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendorong riset dan inovasi.

3. Menjadikan keanekaragaman pangan, bumbu-bumbuan, rempah dan kekayaan hayati, serta apa yang terkandung di dalam bumi, air, laut dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai sumber kemakmuran Indonesia berdikari melalui riset dan inovasi.

4. Mendukung Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan mengambil fokus pada kegiatan riset dan inovasi terhadap flora, fauna, manusia dan teknologi sesuai Undang-undang Nomor 11 Tahun 2019.

5. Merekomendasikan DPP dan Fraksi DPR RI PDIP untuk memperjuangan revisi undang-undang Pemilu agar kembali menggunakan sistem proporsional daftar tertutup. Peningkatan ambang batas parlemen sekurang-kurangnya 5 persen, pemberlakuan ambang batas parlemen secara berjenjang (5 persen DPR RI, 4 persen DPRD Provinsi dan 3 persen DPRD Kabupaten/Kota), perubahan district magnitude (3-10 Kursi untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dan 3-8 Kursi untuk DPR RI) serta memoderasi konversi suara menjadi kursi dengan Sainte Lague Modifikasi dalam rangka mewujudkan Presidensialisme dan Pemerintahan efektif, penguatan serta penyedederhaan sistem kepartaian serta menciptakan pemilu murah.

6. Merekomendasikan agar seluruh calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan wajib mengikuti Sekolah Partai dan menjalankan visi misi yang dibuat DPP PDI Perjuangan.

7. PDIP menargetkan kemenangan 60 persen dalam Pilkada Serentak 2020 demi melanggengkan kemenangan PDIP di Pemilu 2024 nanti.

8. Berkomitmen memelopori kebijakan pembangunan nasional yang menempatkan keberpihakan terhadap lingkungan hidup. Melindungi, merawat dan mengembangkan kelestarian lingkungan dalam keseimbangan dengan seluruh alam raya wajib dijalankan dalam seluruh kebijakan partai. Dan terakhir,

9. Rakernas I PDI Perjuangan menegaskan komitmennya untuk mendukung beberapa lembaga pemerintah seperti BNPB, BNPP, BMKG, BPOM, Lembaga HIV-AIDS, BNN dan HAKI.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait