FOKUS

Resmi! Gus Nur Ditahan atas Kasus Dugaan Penghinaan Terhadap NU

JAKARTA (tandaseru) – Pendakwah Sugi Nur Raharja atau yang akrab disapa Gus Nur resmi ditahan penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri setelah menjalani pemeriksaan dalam kasus ujaran kebencian dan penghinaan terhadap Nahdlatul Ulama (NU).

Diketahui, polisi juga telah menetapkan Gus Nur sebagai tersangka dalam kasus ini. Karena itu, dia ditangkap di kediamannya di daerah Malang, Jawa Timur.

“Iya (Gus Nur) ditahan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangannya, Senin (26/10).

Penahanan terhadap Gus Nur ini, kata Argo, dilakukan selama 20 hari kedepan. Hal ini untuk mengantisipasi tersangka melakukan kembali perbuatannya, melarikan diri dan menghilangkan barang bukti.

“Iya, ditahan selama 20 hari kedepan,” jelasnya.

Sebelumnya, Gus Nur ditangkap tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada Sabtu (24/10/) dini hari. Gus Nur ditangkap di kediamannya di Malang, Jawa Timur.

Penangkapan ini tindak lanjut dari laporan polisi yang dibuat Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Cirebon Azis Hakim atas dugaan ujaran kebencian yang dilakukannya terhadap ormas NU.

Azis menyampaikan, pihaknya membawa barang bukti berupa rekaman pidato atau video yang didalamnya memuat pernyataan Gus Nur yang dinilai menghina NU.

Adapun laporan tersebut diterima polisi dengan surat bernomor LP/B/02596/X/2020/Bares/ tanggal 21 Oktober 2020 terkait dugaan tindak pidana ujaran kebencian. Saat ini, Gus Nur pun telah menyandang status sebagai tersangka.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com