FOKUS

Resmi, Jokowi Teken Perppu Penundaan Pilkada 2020

JAKARTA (Tandaseru) – Presiden Joko Widodo resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Perppu resmi diteken 4 Mei 2020. Menjelaskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang ditunda hingga Desember karena bencana non-alam berupa wabah virus corona (covid-19).

Perppu menjelaskan bahwa apabila sebagian wilayah pemilihan atau seluruh wilayah pemilihan terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam, bencana nonalam, atau gangguan lain yang mengakibatkan sebagian tahapan pemilihan serentak tidak dapat dilaksanakan, sebagai gantinya dilakukan setelah penetapan penundaan dengan Keputusan KPU.

Pelaksanaan pemilihan serentak sendiri telah disepakati ditunda hingga Desember 2O2O. Apabila hingga Desember wabah corona belum berakhir, maka pelaksanaan pilkada serentak dapat dijadwalkan kembali.

Dalam hal pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud tidak dapat dilaksanakan, pemungutan suara serentak ditunda, dan dijadwalkan kembali segera setelah bencana nonalam berakhir.

Pemerintah dan DPR sebelumnya resmi menyetujui pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 digelar pada 9 Desember 2020. Sebelumnya gelaran Pilkada itu ditunda dari yang semula dijadwalkan 23 September 2020 akibat wabah corona.

Diketahui, gelaran Pilkada Serentak tahun 2020 ini bakal jadi pilkada serentak terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Sebab, Pilkada itu akan melibatkan 270 daerah dalam satu waktu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait