FOKUS

Ridwan Kamil Sebut Lima Daerah Ini Susul Jakarta Terapkan PSBB

JAKARTA (Tandaseru) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut lima daerah di Provinsi Jawa Barat yaitu Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor disepakati memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara serentak.

Upaya ini sebagai salah satu langkah percepatan untuk memutus mata rantai penularan Corona Covid-19.

Kesepakatan itu terjadi setelah rapat koordinasi antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan lima daerah itu melalui video conference pada Selasa 7 April 2020. Diketahui lima daerah ini merupakan episentrum penularan Covid-19 yang berdekatan dengan DKI Jakarta.

“Karena itu disepakati bahwa Jabodetabek itu akan dihitung sebagai satu unit kesatuan zona, maka apapun yang dilakukan DKI Jakarta, Bodebek harus melakukan hal yang sama,” ujar Ridwan Kamil, Rabu (8/4).

PSBB lima daerah dengan Jakarta secara serentak ini disetujui pemerintah pusat. Kata dia, merujuk pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam kesepakatan penerapan PSBB di sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat dan Banten.

“Pak Wapres menyepakati agar kota-kota di Jabar dan Banten yang masuk Jabodetabek untuk mengajukan PSBB karena waktunya bersamaan bisa dikoordinasikan oleh gubernurnya,” ujarnya.

Dia menilai, PSBB tidak jauh berbeda dengan lockdown. Namun, dalam PSBB terdapat pengecualian agar tidak menimbulkan dampak buruk.

“PSBB seperti lockdown tapi banyak pengecualian misalnya semua urusan logistik tidak boleh berhenti jadi pasar masih buka, transportasi logistik masih jalan, jadi fleksibilitasnya masih tinggi,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait