FOKUS

Berbahaya Nggak Ya? Begini Risiko Penyakit Orang Kurang Tidur

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin terdengar sangat sepele, tapi terdapat risiko penyakit orang kurang tidur yang bisa membahayakan kesehatan Anda loh!

Kesibukan atau rutinitas harian yang padat, kadang membuat Anda tidak mendapat waktu tidur yang cukup. Padahal kebutuhan akan tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh seseorang.

Kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Risiko penyakit orang kurang tidur lainnya!

Seperti dilansir dari Sleep Deprivation can Increase Your Risk of Diabetes, Says Study lewat timesofindia.indiatimes.com, sebagian besar orang dengan kadar gula darah tinggi biasa sulit tidur nyenyak di malam hari.

Ketika gula darah terlalu tinggi, maka ginjal akan bekerja lebih keras dan membuat Anda sering buang air kecil. Jika di malam hari Anda sering terbangun dari tidur untuk buang air kecil, bisa jadi hal itu pertanda kadar gula darah Anda tinggi.

Dalam sebuah penelitian, sejumlah orang dewasa sehat diminta tidur hanya empat jam tiap malam selama enam hari. Lalu setelah itu, kadar toleransi glukosan mereka diukur.

Hasilnya, kadar toleransi glukosa mereka 40 persen lebih sedikit dari sebelumnya bahkan mencapai level orang dewasa yang berisiko mengalami diabetes.

Jika orang yang kurang tidur memakan sarapan tinggi karbohidrat, kadar glukosa mereka tetap tinggi dibanding orang dengan tidur yang cukup.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait