FOKUS

Rusia Produksi Vaksin Corona Sputnik V, Ini Reaksi Israel

TEL AVIV (Tandaseru) – Israel memberi perhatian serius terhadap pengembangan vaksin corona yang tengah dilakukan Rusia. Bahkan Israel siap meneliti vaksin Covid-19 buatan Rusia yang diberi nama Sputnik V tersebut.

Israel bersiap merundingkan pembelian vaksin dalam jumlah besar jika terbukti ampuh.

“Kami sudah mendiskusikan laporan dari pusat riset di Rusia soal pengembangan vaksin,” kata Menteri Kesehatan Israel, Yuli Edelstein dilansir AFP, Rabu (12/8).

“Staf profesional kementerian sedang mengerjakan (proyek vaksin) ini sepanjang waktu. Vaksin tidak akan tiba besok,” ujarnya.

Israel diketahui sedang mengembangkan kandidat vaksin sendiri dan berencana memulai uji klinis pada manusia pada Oktober. Edelstein mengatakan, pihaknya juga meneken kontrak dengan produsen obat Moderna dan Arcturus Therapeutics dari Amerika Serikat sebagai opsi pembelian calon vaksin mereka nanti.

Diberitakan sebelumnya, Rusia mengklaim telah mengembangkan vaksin pertama yang menawarkan kekebalan berkelanjutan terhadap Covid-19.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, kemarin.

Terpisah, Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko memastikan vaksin massal Covid-19 akan diadakan di Rusia dalam waktu dekat. Kendati demikian, dia tidak menyebutkan secara perinci jumlah dosis vaksin yang bakal diproduksi untuk batch pertama itu.

“Dalam dua minggu, gelombang pertama vaksin akan dirilis,” kata Murashko pada konferensi pers di Moskow, seperti dikutip NDTV, Rabu (12/8).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait