FOKUS

Saling Kuatkan, Teriakan Wuhan Jiayou Menggema di Langit China

JAKARTA (tandaseru) – Mewabahnya virus corona membuat kota Wuhan, China terpaksa diisolasi dan melumpuhkan seluruh aktivitas warga. Wuhan pun tampak seperti kota mati.

Di tengah kecemasan warga akan virus corona, sebuah unggahan video yang merekam situasi malam hari di kota Wuhan beredar di media sosial.

Video tersebut menjadi viral dan menarik perhatian warganet, pasalnya video tersebut memberikan gambaran masyarakat yang tinggal di kota Wuhan saling berteriak meneriakan “Wuhan Jiayou” atau “Semangat kota Wuhan”.

Salah satu mahasiswa asal Indonesia yang tinggal di kota Wuhan, merekam situasi tersebut lewat akun Instagramnya, @ayulrast pada 27 Januari lalu, yang direkam pada pukul 21.15 waktu setempat.

“MasyaAllah terharu sekali malam ini. Tepat pukul 21.15 nggak sengaja buka jendela, banyak banget teriakan dari masyarakat Wuhan yang bilang ‘Wuhan Jiayou!’ yang artinya ‘Semangat Wuhan!’ seketika merinding campur haru. Teriakan ini dilakukan untuk saling support satu sama lain, seluruh warga Wuhan, biar kita nggak ngerasa sendirian. Aku bener-bener kali pertama ngerasain pengalaman kayak gini. Semangat Wuhan. Semangat temen-temen Indonesia, jiayou!” tulis @ayulrast.

Selain Ayu, di hari yang sama video serupa juga direkam dari sudut yang berbeda, dan diunggah akun Twitter China Xinhua News, @XHNews.

Video yang berdurasi 1 menit 2 detik itu merekam suara teriakan warga Wuhan yang saling bersahutan dari jendela apartemen. Mereka meneriakkan kalimat yang sama: “Wuhan Jiayou!”

“Menghangatkan hati: warga meneriakkan ‘Wuhan, Jiayou’ agar kota mereka bertahan meskipun ada kesulitan,” tulis kantor berita China, Xinhua.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait