FOKUS

Samoa Laporkan Kasus Perdana Covid-19, Ini Asal-usulnya

SAMOA (Tandaseru) – Pemerintah Samoa melaporkan kasus Covid-19 pertama, Kamis (19/11). Masyarakat diimbau tetap tenang dan selalu menerapkan tindakan pencegahan seperti rutin mencuci tangan dan menjaga jarak sosial.

Pasien Covid-19 pertama di Samoa adalah seorang pelaut. Dia tiba di negara tersebut dengan menggunakan penerbangan repatriasi dari Auckland, Selandia Baru pada Jumat (13/11) pekan lalu. Semua penumpang telah diuji virus Corona sebelum naik.

Empat hari setelah tiba di Samoa dan menjalani karantina, pelaut tersebut dinyatakan positif Covid-19. Menurut laporan Samoa Observer, sebelum tiba di Samoa, dia telah melakukan perjalanan dengan 25 pelaut lainnya dari Eropa.

Ia kemudian ikut dalam penerbangan bersama 274 warga Samoa lainnya pekan lalu.

Perdana Menteri Samoa Tuila’epa Sailele Malielegaoi mengatakan pelaut tersebut segera diisolasi. Kendati demikian, Maliegaoi menyebut bahwa pelaut itu sudah negatif.

“Tes kedua dilakukan pada pukul 6 pagi dan hasilnya negatif dan hal ini terjadi. Pada saat yang sama (penting) bagi negara untuk tetap tenang,” kata dia melalui akun Facebook-nya, dikutip laman TVNZ.

Malielegaoi meminta masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan, termasuk mencuci tangan secara rutin dan mempraktikkan jarak sosial. “Kita sekarang memiliki satu kasus, dan (Samoa) juga akan ditambahkan ke negara-negara di dunia yang terjangkit virus korona,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait