FOKUS

Bikin Ngiler, Sate Lilit Khas Bali yang Rasanya Juara

JAKARTA (tandaseru.id) – Indonesia terkenal dengan kekayaan kuliner yang beragam. Salah satunya resep sate lilit khas Bali, makanan penggugah selera di Pulau Dewata Bali ini cukup populer, loh.

Menu sate yang akan memanjakan lidah kita. Tandaseru.id punya resepnya yang dijamin enak dan bikin nagih.

Kini tak perlu jauh ke Bali untuk merasakan sate lilit ini, sate dengan aroma yang khas ini bisa Anda coba buat sendiri di rumah. Simak resep lengkapnya berikut ini.

Sate Lilit Bali yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

Bahan-bahan

Bahan utama yang harus Anda siapkan ialah 300 gram, daging filet ikan tuna, 50 ml santan kelapa kental, dan 50 gram kelapa parut, 1 batang serai (memarkan).

Kemudian 1 lembar daun salam, lalu 7 buah batang serai untuk tusukan satenya. Hal ini yang akan membuat sate lilit berbeda dari sate lainnya.

Bumbu halus

Sediakan 4 buah cabai keriting, 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 cm jahe1 sdt terasi bakar, dan 1 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya).

Selain itusiapkan 3 butir kemiri (sangrai), 3 buah cabai rawit, gula merah secukupnya, garam, penyedap rasa dan 1 sdm minyak goreng.

Cara masak praktis sate lilit yang menggiurkan

Langkah utamayang harus Anda lakukan adalah tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi.

Kemudian tambahkan batang serai yang telah dimemarkan dan daun salam, aduk hingga rata. Lalu haluskan santan kelapa, kelapa parut dan ikan tuna dengan blender.

Selanjutnya, tambahkan santan kelapa, kelapa parut dan ikan tuna ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk sampai merata sempurna dan masak hingga matang.

Tunggu sebentar hingga adonan dingin, lalu kepal-kepal adonan dan tusukkan ke batang serai.

Setelah itu,panggang sate lilit di atas grill pan atau teflon sambil diberi olesan mentega agar terasa semakin lezat.

Nah, sate lilit pun telah matang dan siap disajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Santapan lezat yang satu ini bisa membuat nafsu makan bertambah dua kali lipat, loh.

Semoga resep ini bermanfaat, selamat mencoba memasak resep sate lilit khas Bali.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com