FOKUS

Satgas Anti-Mafia Bola Siapkan Tim Jilid 4, Kawal Liga Indonesia

JAKARTA (tandaseru) –  Liga 1 Indonesia akan dimulai 1 Oktober 2020 mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB)  menyebutkan ditemukan fakta di lapangan, ternyata para pelaku terdiri dari berbagai latar belakang profesi.

Oleh sebab itu, Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Irjen Pol (Purn)  Sudjarno meminta Satgas Anti-Mafia Bola (AMB) juga melibatkan POM TNI dan Polri agar pada pelaksanaan tugasnya, turut berperanserta melakukan penindakan.

“Pola mafia bola ini patut disayangkan, karena telah merusak sportivitas olah raga, sehingga prestasi yang seharusnya dapat diraih dengan optimal gagal terjadi. Hal ini menjadi PR bersama bagi seluruh stakeholder insan sepak bola Indonesia dan peran serta semua pihak menjadi poin yang krusial bagi kelangsungan sepak bola Indonesia,” ujarnya.

‘Adanya komitmen bersama dari seluruh unsur yang terkait tentunya persoalan mafia bola ini dapat ditanggulangi bersama dan dapat mewujudkan iklim sepak bola yang kondusif,” tuturnya.

Kasatgas Anti-Mafia Bola (AMB) Brigjen Pol Hendro Pandowo mengatakan Satgas AMB telah menangani 5 laporan Polisi, untuk 4 LP sudah P21 dan inkrah, sementara menyisakan 1 laporan saja yang masih berjalan, yakni untuk kasus VW dan akan tetap kami tuntaskan.

Dia menyebutkan Satgas AMB siap mengawal PSSI maupun LIB dalam menyelenggarakan pertandingan, tetapi terkendala karena masa tugas berakhir pada 31 Agustus 2020 kemarin.

Kita akan menyiapkan Satgas AMB jilid 4 yang Sprin-nya sedang disiapkan dan masih disusun. Pada Satgas AMB jilid 4 nanti akan melanjutkan proses sidik VW, akan mengawasi seleksi Timnas, akan melakukan pam was monitoring Liga 1 2 3, juga untuk Liga 3 akan dilakukan oleh Satgaswil masing-masing, seperti yang ada di Jawa Timur ada 17 kesebelasan atau Club,”tegas Brigjen Pol Hendro Pandowo, Kasatgas Anti-Mafia Bola, Selasa (8/9).

”Kita berharap keberadaan Satgas AMB bisa membawa efek preventif dan perubahan kepada profesional para pemain dan wasit, di Satgas AMB Jilid 3 kemarin kami juga melibatkan POM TNI untuk melakukan penindakan terhadap wasit yang dari anggota TNI karena para wasit ini background-nya macam-macam ada yang dari TNI dan ada yang dari Polri maupun sebagainya. Kita mengapresiasi positif atas keinginan dari pihak LIB dan akan segera disiapkan rencana Satgas AMB jilid 4 dan segera dilaporkan kepada Kapolri.” ungkapnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait