FOKUS

Sayonara! Microsoft Setop Dukung Windows 7, Kenapa?

JAKARTA (tandaseru) – Bagi pengguna PC atau Laptop yang masih menggunakan Windows 7 berhati-hatilah terhadap serangan virus. Pasalnya, Microsoft telah berhenti beri dukungan.

Mulai hari ini (14/1), Windows 7 tidak akan lagi mendapat pembaharuan (update) software atau perbaikan keamanan. Lantas apa alasannya?

“Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan,” tulis laman Microsoft, Selasa (12/1).

Alasannya adalah keamanan. Di era yang sangat rentan dengan serangan siber, tentu menggunakan sistem operasi yang umurnya sudah lama dianggap tidak relevan.

Microsoft mengatakan Windows 7 merupakan platform lawas dengan sejumlah keterbatasan, baik dari sisi dukungan keamanan maupun hardware.

Melansir Techradar, Selasa (12/1), Windows 7 memang sudah beroperasi selama satu dekade bahkan lebih, setelah diluncurkan pada 22 Juli 2009. Hingga saat ini, 39% dari total pengguna Microsoft masih menggunakan sistem operasi ini.

Sejak tahun 2015 lalu, dukungan Microsoft kepada Windows 7 sebenarnya sudah lama dikurangi, sehingga berada pada fase “extended support”.

Pada fase ini, sudah tak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna “menambal” sistem operasi  tersebut.

Agar tetap berjalan dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera memperbaharui sistem operasinya dengan Windows 10 dan mengganti perangkat komputer.

“Meskipun dimungkinkan untuk menginstal Windows 10 pada perangkat lama Anda, itu tidak dianjurkan,” tulis Microsoft.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait